Firli Oh Firli Ada Apa Denganmu

Mantan anggota DPR RI, Anhar Nasution. (Foto: FNN/Dokumen Pribadi)

Saya hampir tidak percaya ketika  membaca berita yang banyak bertebaran di media mainstream dan media sosial mengenai sepak terjangnya yang memaksakan supaya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dijadikan tersangka dalam kegiatan Formula E. Saya berharap berita tersebut tidak benar, mengingat reputasi Anies yang luar biasa dalam membangun Kota Jakarta.

Oleh: Anhar NasutionAnggota Komisi III DPR RI periode 2004 s/d 2009.

KETIKA  itu Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) dijabat oleh Jendral Dai Bahtiar. Saya hanya melihat beberapa kali  Firli Bahuri yang mengikuti setiap kali Kapolri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR.

Ketika itu, Firli masih berpangkat AKB (Ajun Komisaris Besar). Dalam pandangan saya, Firli cukup bersahaja dan santun. Saat berpapasan dengan saya, ia selalu senyum hormat dan menyapa, "Selamat Siang Pak Anhar."

Harap maklum, ketika itu nama saya cukup viral dengan sebutan "Utaz  Di Kampung  Maling". 

Sepintas,  saya menilai Firli orang baik dan Insya Allah akan jadi pimpinan di Kepolisan RI kelak. Ketika dia menjabat di beberapa Kepolisian Daerah (Polda) saya  masih suka telefonan sekedar menyapa kabarrnya. Dia masih sama, tetap santun. Dia memanggil saya, Abang. 

Pada saat Komisaris Jenderal  Anang Iskandar menjabat Kepala BNN (Badan Nasional Narkotika), kebetulan saya ikut membantu, meski tidak lagi  menjadi Anggota DPR RI.  Ketika peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) digelar di Lapangan Trunojoyo, Kawasan Blok M,  Jakarta Selatan,  saya bertemu dengan Firli dan pangkat  sudah Brigjen (Brigadir Jendral). Masih sama ketika AKBP dan saya Anggota DPR RI,  tidak ada perubahan sikapnya terhadap saya.

Ketika  Firli terpilih menjadi Ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi),  saya termasuk orang yang senang dan mendoakan supaya  amanah. Saya menjadi kaget alang kepalang, ketika akhir-akhir ini mengikuti perkembangan berita tentang kinerja KPK yang dinakhodainya. 

Saya hampir tidak percaya ketika  membaca berita yang banyak bertebaran di media mainstream dan media sosial mengenai sepak terjangnya yang memaksakan supaya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dijadikan tersangka dalam kegiatan Formula E. Saya berharap berita tersebut tidak benar, mengingat reputasi Anies yang luar biasa dalam membangun Kota Jakarta.

Saya berharap Komisi III DPR segera memanggil Firli Bahuri. Harus segera diklarifiķasi dan ditanyakan kebenaran berita tersebut. Persoalan tersebut harus segera dijernihkan, apalagi Anies yang selama menjadi Gubernur DKI Jakarta sudah memboyong banyak penghargaan, baik nasional maupun internasional.

Jangan sampai upaya menjadikan tersangka secara paksa itu benar-benar dijadikan sebagai usaha menjegal Anies maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024. Apalagi, mantan Menteri Pendidikan Nasional itu telah resmi diusung oleh Partai NasDem, yang kemudian disusul Partai Demokrat dan sejumlah partai lainnya. 

Jika benar usaha menjegal, maka yang berhadapan dengan KPK, terutama Firli bukan Anies. Melainkan petinggi partai dan simpatisan. Tentu, lawan paling berat KPK adalah rakyat yang sudah muak dengan kelakuan rezim Joko Widodo. 

Jika Komisi III DPR tidak berani memanggil Firli Bahuri beserta jajarannya,  meminta klarifikasi sejelas-jelasnya, maka tuduhan rakyat yang menyebutkan KPK sebagai alat politik menjadi benar.

Bahkan, rakyat menjadi semakin percaya, KPK menjadi bagian dari kepentingan 'rezim oligarki'. Jika sudah demikian, berarti lembaga antirasuah tersebut  sangat berbahaya.

672

Related Post