Karena Kerusuhan COVID di China Menakuti Pasar, Dolar AS Naik, Yuan Jatuh

Arsip foto - Seorang warga China menghitung uang kertas dolar AS dan uang kertas yuan RMB (renminbi) di kota Huaibei, provinsi Anhui China timur, 20 Juli 2018. (Sumber: ANTARA)

Singapura, FNN - Dolar AS naik terhadap sejumlah mata uang utama lainnya di perdagangan Asia pada Senin sore, karena protes di China terhadap kebijakan antiCOVID pemerintah membuat investor berpaling dari aset-aset berisiko, dan mengirim yuan China ke level terendah lebih dari dua minggu terhadap mata uang safe-haven greenback.

Protes telah berkobar di seluruh China dan menyebar ke beberapa kota setelah kebakaran apartemen yang menewaskan 10 orang di Urumqi di ujung barat negara itu. Ratusan demonstran dan polisi bentrok di Shanghai pada Minggu (27/11/2022) malam.

Investor khawatir tentang bagaimana reaksi pemerintah di Beijing terhadap gelombang pembangkangan sipil ketika kasus COVID meningkat.

"Kami benar-benar melihat tanggapan pemerintah terhadap apa yang terjadi... tanggapan pemerintah sangat tidak terduga, dan tentu saja itu berarti meremehkan," kata Chris Weston, kepala penelitian di Pepperstone.

Yuan di pasar internasional jatuh ke level terendah lebih dari dua minggu di perdagangan Asia, dan bertahan sekitar 0,4 persen lebih rendah pada 7,2242 per dolar AS.

Dolar Australia, sering digunakan sebagai proksi likuid untuk yuan, turun lebih dari satu persen menjadi 0,6681 dolar AS. Kiwi turun 0,72 persen menjadi 0,6202 dolar AS.

Pembatasan COVID yang ketat di China telah berdampak besar pada ekonominya, dan pihak berwenang telah menerapkan berbagai langkah untuk menghidupkan kembali pertumbuhan. Pada Jumat (26/11/2022), bank sentral China (PBoC) mengatakan akan memangkas rasio persyaratan cadangan (RRR) untuk bank sebesar 25 basis poin (bps), efektif mulai 5 Desember.

"Jika pemotongan RRR adalah satu-satunya alat kebijakan moneter yang akan diterapkan PBoC, itu mungkin tidak mengarah pada peningkatan pinjaman bank yang signifikan," kata Iris Pang, kepala ekonom China di ING.

"Perusahaan-perusahaan saat ini menghadapi penjualan ritel yang lebih lemah dari jumlah kasus COVID yang lebih tinggi dan penurunan harga rumah dari proyek-proyek rumah yang belum selesai."

Di tempat lain di pasar mata uang, euro turun 0,5 persen menjadi 1,0350 dolar, sementara sterling turun 0,26 persen pada 1,2057 dolar.

Perkembangan terbaru di China telah menghentikan penurunan dolar AS, yang telah melemah selama beberapa minggu terakhir di tengah harapan bahwa Federal Reserve akan segera memperlambat laju kenaikan suku bunganya - sebuah pandangan yang didukung oleh rilis risalah pertemuan November minggu lalu.

Terhadap sekeranjang mata uang, indeks dolar AS naik 0,07 persen menjadi 106,41, menjauh dari level terendah tiga bulan baru-baru ini di 105,30.

Ketua Fed Jerome Powell akan berbicara tentang prospek ekonomi AS dan pasar tenaga kerja di acara Brookings Institution pada Rabu (30/11/2022) yang dapat memberikan lebih banyak petunjuk tentang prospek kebijakan moneter AS.

Ekspektasi pasar terhadap Fed yang kurang hawkish telah membantu penguatan yen Jepang, kata Moh Siong Sim, ahli strategi mata uang di Bank of Singapore.

Yen naik sekitar 0,5 persen menjadi 138,40 per dolar.

"Pasar berpikir bahwa Fed menurunkan ke kenaikan suku bunga 50 basis poin dan mungkin akan jeda tahun depan, dan itu mungkin membatasi kenaikan imbal hasil (obligasi pemerintah) AS. Dan dolar/yen mungkin mengantri ke ide semacam itu."(ida/ANTARA)

306

Related Post