Pasokan Makanan di Hong Kong Terganggu Karena Covid Serang Pengemudi

Sejumlah orang antre untuk tes Covid 19 di distrik Central, Hong Kong, Selasa, 8 Februari 2022. Hong Kong melaporkan rekor 614 kasus baru Covid 19 sekaligus menjadi kasus harian tertinggi sejak pandemi melanda wilayah itu. (Foto: FNN/Antara).

Hong Kong, FNN - Pihak berwenang Hong Kong pada Ahad, 13 Februari 2022 mengatakan, pasokan sayuran dan unggas beku ke kota itu mungkin terganggu sementara, setelah beberapa pengemudi kendaraan pengangkut barang dari China daratan sebelumnya dinyatakan positif Covid 19.

Hong Kong mengimpor 90 persen makanannya, dan China daratan menjadi tempat sumber terpenting, terutama untuk makanan segar.

Para konsumen telah mengalami kekurangan sejumlah barang impor asing, termasuk makanan laut premium, karena langkah pembatasan penerbangan yang ketat.

"Otoritas China daratan dan pemerintah (Hong Kong) bekerja sama  memperkuat pengaturan rinci guna mempercepat logistik pasokan makanan ke Hong Kong supaya membuat situasi pasokan kembali normal sesegera mungkin," kata pemerintah Hong Kong dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip dari Antara.

Pada Sabtu, 12 Februari 2022, kota berpenduduk 7,5 juta orang itu melaporkan rekor 1.514 kasus baru Cpvid 19, yakni naik dari 1.325 kasus pada Jumat, 11 Februari 2022 pada saat ujian terbesar untuk strategi "dinamis nol-Covid" di wilayah China tersebut.

Setelah pertemuan dengan para pejabat China daratan di seberang perbatasan di Shenzhen, pejabat nomor 2 Hong Kong, John Lee,  Sabtu, 12 Februari 2022 mengatakan, China akan membantu Hong Kong k mengatasi wabah Cocid 19 yang meluas dengan menyediakan kapasitas pengujian, perawatan, dan karantina.

Lee mengatakan, saat ini di Hong Kong tidak ada rencana  langkah penguncian dengan gaya seperti yang diterapkan di China daratan.

Langkah-langkah (penguncian yang lebih ringan) itu akan memberi Hong Kong ruang bernapas agar kapasitas layanan medis dapat diperluas di semua lini. Namun, sejauh ini tidak ada rincian spesifik dari rencana tersebut dan tidak jelas seberapa cepat langkah-langkah itu dapat diimplementasikan.

Hong Kong dan Chin menekan setiap wabah Covid 19. Aka tetapi, varian Omicron terbukti sulit  dikendalikan. (MD)

229

Related Post