PSSI dan Persija Pun Bantu Rezim Redam Anies?

Jakarta International Stadium (JIS) merupakan salah satu karya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: FNN/Istimewa).

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Persija Jakarta enggan memakai Jakarta International Stadium (JIS), murni soal harga? Atau ada 'titah' penguasa?

Oleh: Rahmi Aries Nova, wartawan senior FNN.

JIS yang kini menjadi stadion paling modern di Indonesia, suka tidak suka identik dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies pada 16 Oktober nanti akan habis masa jabatannya dan langsung bersiap untuk running sebagai calon presiden pada pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang.

Dibangun di era kepemimpinannya, dengan biaya fantastis Rp 5 triliun, JIS diprediksi bakal mendongkrak elektabilitas Anies secara fantastis pula. Anies akan disejajarkan dengan Presiden Pertama Indonesia Soekarno yang juga membangun Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan. Itulah yang ditakuti calon-calon lawannya dalam pilpres nanti, utamanya calon pilihan Istana alias suksesor Presiden Joko Widodo.

Melihat keengganan PSSI dan Persija memakai ikon Kota Jakarta ini, banyak yang menduga itu juga bagian dari meredam sinar Anies. Betul JIS masih memiliki kekurangan, tetapi bukankah itu bisa diperbaiki dan dievaluasi bersama?

Kalau pun harga sewanya  mahal, ada yang menyebut Rp 1 miliar, dibandingkan dengan pemasukan tiket dan hak siar itu pun bisa jadi 'kecil'. Sebagai perbandingan, pada 2010 saat timnas berlaga di Stadion Utama GBK, yang saat itu menampung 60.000-70.000 penonton, pemasukan dari tiket lebih dari Rp 10 miliar, belum pendapatan dari hak siar dan sponsor.

Sementara daya tampung JIS 82.000 penonton. Faktor keamanan? Biarlah menjadi tugas kepolisian. Selama ini klub-klub juga sudah keluar uang cukup besar untuk biaya keamanan, yang di liga tetangga Malaysia saja gratis, karena hal itu  sudah menjadi tugas polisi Diraja (negara). Jadi sangat disayangkan tim nasional senior besutan Shin Tae-yong tidak menjajal stadion megah ini saat friendly match resmi FIFA melawan Curacao pekan lalu.

Dalihnya pun seperti mengada-ngada. Akan tetapi banyak yang menduga PSSI, yang dijanjikan Jokowi akan dibangun pusat latihan di kawasan Ibukota Negara Baru (IKN), diminta untuk tidak ikut 'membesarkan' Anies. Sebaliknya Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (Iwan Bule), yang kabarnya akan maju pada pemilihan gubernur Jawa Barat, memanfaatkannya untuk 'branding' dirinya dengan memainkan dua pertandingan melawan Curacao di dua kota di Jabar, Bandung (Stadion Gelora Bandung Lautan Api) dan Bogor  (Stadion Pakansari).

Persija pun demikian. Seakan lupa  Anies membangun JIS karena desakan Jak Mania, Persija belum mendeklarasikan JIS sebagai kandangnya. Persija tidak memakai JIS dalam laga di Liga 1, juga untuk friendly match saat menjamu Jeonbuk Hyundai yang rencananya digelar akhir November, menyambut ulang tahun Persija ke-94 pada 28 November 2022.

PSSI dan Persija mengabaikan kecintaan masyarakat pada timnas dan warga Jakarta pada Persija akan menghadirkan eforia gaya baru di JIS. Seperti eforia fans Grup Band Dewa besutan Ahmad Dhani, yang hanya dalam satu jam 60.000 tiketnya sold out, untuk konser yang baru akan berlangsung 52 hari lagi!

PSSI dan Persija lupa tidak selamanya rezim Jokowi berkuasa. Bagaimana kalau Anies ditakdirkan yang Maha Kuasa jadi Presiden RI berikutnya?

Karya nyata Anies di Jakarta sungguh luar biasa, dan tidak ada kandidat lain yang menyainginya. Anies sulit dibendung meski skenario jahat KPK (Komisi Pemberantas Korupsi) berusaha menjeratnya.

Anies  bukan tipe pendendam (jadi memang tidak punya musuh, tetapi buzzerRp yang memusuhinya). Akan tetapi,, masyarakat tidak akan pernah lupa, pada suatu masa PSSI dan Persija pernah menjadi alat penguasa, yang ingin terus berkuasa dengan menghalalkan segala cara.

358

Related Post