Siri Tampi Hormati Adat

(Photo Emak-emak Aktivis Pergerakan 2022)

Oleh Ridwan Saidi Budayawan 

Menampi beras sulit dijelaskan dengan kata-kata. Tampi di sini artinya membersihkan beras. 

Siri tampi

Beduri duri

Mandi aér

Aér ujan

Pok berèok

Ini lirik lagu anak-anak, tapi bermakna.

Kata tampi dalam siri tampi beda dengan tampi beras.

Siri di sini bukan sirih tapi adat. Tampi juga bermakna membawa dengan cara hormat.  Beduri duri bermakna dari kampung ke kampung.

Mandi air hujan simbol rejeki, pok beréok onomotope, tiruan bunyi, air tumpah.

Arti lirik ini kalau kita hormati adat niscaya murah rejeki.

Kuasa adat adalah jenis power system yang pertama kali terbentuk sekitar 3050 tahun lalu ketika awal migrasi orang Maya. Konsep kepemilikan mulai dikenal beriringan dengan kesadaran nativity. Ada pun konsep kepemimpinan sudah dikenal sejak cave life. Harap perhatikan ragam hias gua Solok, Sumbar. 

Pemimpin adat yang mengatur rayonisasi hunian native juga migran. Pemimpin adat yang mengatur pembagian tanah garapan. Tidak ada pemilikan tanah, melainkan pemanfaatan. Hal ini masih berlaku di DIY. Keraton Jogya memegang hak adat akan tanah.

Pemicu perang Diponegoro 1825-1830 adalah perampasan tanah adat oleh Belanda.

Keluhan tentang ber-juta2 hektar tanah dikuasai  asing dan aseng karena mencampakkan hukum adat. Padahal surat tanah awalnya yang disebut eigendom verponding ditandatangani penghulu adat. Setelah etische politiek Belanda mengakui hukum adat sebagai bagian dari burgelijkke-wet. 

19 rechtsringen, wilayah hukum adat, yang diakui Belanda pada tahun 1918 harus diberlakukan lagi agar tanah air Indonesia terlindungi. (RSaidi).

78

Related Post