China Pernah Tuding Indonesia Sumber Covid-19

by Mochamad Toha

Surabaya, FNN – Salah satu kesimpulan dari para tim peneliti WHO terkait laboratorium di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China  bahwa yang sangat tidak mungkin virus itu bocor dari Institut Virologi Wuhan, sebuah laboratorium dengan banyak koleksi sampel virus, menjadi bukti WHO membela China. Dalam menentukannya, tim tersebut mengatakan, kebocoran semacam itu sangat jarang dan tidak ada bukti virus itu ada di lab itu atau di lab mana pun di dunia saat pandemi dimulai.

“Sangat tidak mungkin ada sesuatu yang bisa lolos dari tempat seperti itu,” ujar pemimpin tim WHO Peter Ben Embarek saat meninjau protokol keselamatan di sana. Selama 4 pekan di China, tim WHO belum menemukan sumber Virus Corona COVID-19. WHO tampaknya berusaha “menyelamatkan” China sebagai sumber.Covid-19, dan mencoba mencari dan mengalihkan tuduhan ke negara Asia Tenggara. Siapa.lagi.kalau bukan Indonesia? Jejak digital mencatatnya.

Melansir Liputan6.com, (17 Apr 2020, 16:51 WIB), kabar tentang China yang menuding Indonesia sebagai sumber virus corona COVID-19 beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Instagram @shitpost.penambahan.iq pada 22 Maret 2020. Akun Instagram @shitpost.penambahan.iq mengunggah gambar tangkapan layar pemberitaan berjudul “China Menuding Indonesia Sebagai Sumber Virus Corona”.

Akun Instagram @shitpost.penambahan.iq menambahkan narasi dalam konten yang diunggahnya. “Inilah cerita jutaan orang yang bukan main,” tulis akun Instagram @shitpost.penambahan.iq. Konten yang diunggah akun Instagram @shitpost.penambahan.iq telah 2.880 kali disukai dan mendapat beragam komentar dari warganet.

Kabar tentang China yang menuding Indonesia sebagai sumber virus corona COVID-19. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci “china menuding indonesia sebagai sumber virus corona”. Hasilnya terdapat artikel yang membantah klaim tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul “[Fakta atau Hoaks] Benarkah Pemerintah Cina Tuduh Indonesia yang Sebarkan Virus Corona Covid-19?” yang ditayangkan situs tempo.co pada 26 Maret 2020.

Narasi bahwa pemerintah China menuduh Indonesia sebagai penyebar virus Corona Covid-19 beredar di media sosial. Narasi itu berasal dari artikel di situs Kabarberita.site yang berjudul “Virus Corona Bersumber dari China, Kini Pemerintah Tiangkok Tuduh Indonesia Sebarkan Virus Covid-19”.

Salah satu akun di Facebook yang menyebarkan artikel itu adalah akun Ijin Share Ya, yakni pada 23 Maret 2020. Hingga berita ini dimuat, artikel tersebut telah mendapatkan respons lebih dari 250 kali dan dikomentari 141 kali.

Adapun artikel itu berisi pernyataan dari pemerintah wilayah Shaanxi, Cihna, soal penyebaran kasus baru yang ditimbulkan oleh wabah virus Corona Covid-19. Mereka menuding bahwa wabah virus Corona Covid-19 merupakan “kasus impor”, salah satunya dari Indonesia.

Menurut artikel itu, China yang menjadi sumber virus Corona berangsur pulih. Sudah tidak ditemukan pula pasien baru Covid-19. Namun, salah satu warganya kini kembali terinfeksi virus Corona. Cbina pun menuduh bahwa virus Corona tersebut berasal dari Indonesia.

Hal ini, menurut artikel itu, berawal pada 10 Maret 2020, ketika warga China yang bernama Zhang Moumou, 35 tahun, mengalami gejala batuk dan demam. Kemudian, pada 13 Maret malam, dia mengambil penerbangan dari Indonesia, melalui Hong Kong, ke China.

Sesampainya di bandara, dia memberi tahu staf bandara bahwa dia tidak sehat. Setelah suhu tubuhnya diukur, Zhang dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Xian, Shaanxi, untuk menjalani isolasi dan perawatan. Zhang pun inyatakan positif mengidap Covid-19.

Untuk memverifikasi klaim di atas, Tim CekFakta Tempo menelusuri pemberitaan terkait kasus Covid-19 di Shaanxi, Cina, dari media-media kredibel. Hasilnya, ditemukan berita dari situs media The Jakarta Post yang memuat tautan halaman yang berisi pernyataan resmi Komisi Kesehatan Shaanxi, Cihna, mengenai kasus Covid-19 di wilayahnya.

Boleh jadi, meski sempat dibantah pejabat China sendiri, bukan tidak mungkin.fakta tersebut akan dijadikan dalih kalau Indonesia sebagai “sumber corona”. Apalagi, ada anggapan penanganan Covid-19 dinilai gagal.

Penulis adalah Wartawan Senior FNN.co.id.

One thought on “China Pernah Tuding Indonesia Sumber Covid-19

Tinggalkan Balasan

Terjemahkan »