Anies Resmi Capres Demokrat 2024, PKS Sepakat Segera Membentuk Sekber

Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)(Sumber: selasar.co)

Jakarta, FNN – Akhirnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyepakati ajakan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), untuk segera membentuk sekretariat bersama dengan Partai Nasdem. Sekretaris bersama yang diberi nama Sekretariat Perubahan ini dimaksudkan untuk menunjukkan keseriusan mereka, sekaligus mematangkan langkah koalisi perubahan yang terdiri dari NasDem, Demokrat, dan PKS, untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

“Kami menyambut baik usulan Partai Demokrat terkait usulan pembentukan Sekretariat Perubahan sebagai bentuk persiapan menuju deklarasi bersama 3 partai, tapi berharap hal tersebut akan semakin memperkuat soliditas dan kebersamaan, serta memperkuat komitmen kerjasama koalisi antara 3 partai,”  kata juru bicara, sekaligus anggota tim kecil dari PKS, Muhammad Khalid, seperti dikutip dari kumparan.com.

Sebenarnya, selama ini ketiga partai sudah membentuk tim kecil koalisi perubahan untuk mematangkan kesepakatan-kepakatan penting dalam rencana koalisi, tambah Khaluid. Tim kecil tersebut merupakan perwakilan resmi PKS, Nasdem, dan Demokrat dan sudah bekerja dengan sangat baik. Mereka setuju jika tim kecil tersebut bisa ditransformasikan menjadi Sekretariat Perubahan. 

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, dalam keterangan tertulisnya secara resmi mengumumkan dukungan partainya kepada mantan Gubernur DKI Jakarta untuk maju pada pemilihan presiden tahun 2024. AHY mengajak calon mitra koalisinya untuk segera membentuk Sekretariat Perubahan. AHY menyatakan bahwa kerja tim kecil koalisi perubahan mendekati tahap final. Dari pertemuan intens yang dilakukan oleh Demokrat, Nasdem, dan PKS selama 6 bulan belakangan, AHY menyatakan cukup bagi Demokrat untuk memutuskan pilihan penting dan fundamental menghadapi Pemilu 2024 dan Pilpres 2024.

Ketiga partai tersebut sudah satu pandangan untuk mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden. “Adapun terkait bakal calon presiden, sudah ada persamaan cara pandang dari ketiga partai untuk mengusung Anies Baswedan sebagai capres,” ujar AHY.

AHY juga mengatakan bahwa Anies Baswedan merupakan sosok yang mampu memberikan perubahan dan perbaikan. “Bagi Demokrat, Mas Anis adalah tokoh perubahan dan perbaikan,” ujar AHY.

Dengan keputusan Demokrat yang telah memastikan akan mengusung Anies sebagai calon presiden, sekarang tinggal PKS yang ditunggu-tunggu sikapnya. Sejumlah sumber yang dekat dengan Anies dan mengetahui detail pembicaraan di tim kecil, menyebutkan bahwa pengumuman PKS tinggal menunggu waktu. PKS menyerahkan sepenuhnya keputusan pencapresan kepada Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Al-Jufri.

Seperti diketahui bahwa pada 22 Desember lalu, Salim Segaf Al Jufri telah bertemu dengan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, di Cikeas. Dapat dipastikan bahwa pertemuan keduanya membahas secara serius pencalonan Anies Baswedan. Pengumuman keputusan Demokrat mengusung Anies Baswedan disampaikan tidak lama setelah para petinggi Demokrat mengadakan semacam pertemuan terbatas di kampung halaman Pak SBY, di Pacitan, Jawa Timur, setegah bulan lalu.

“Untuk koalisi, kami tetap mengupayakan agar koalisi perubahan bersama Nasdem dan PKS bisa segera terwujud secara resmi,” kata sekretaris Majelis Tinggi Partai, Andi Malarageng, kepada media, Senin (16/01/23).

Meski koalisi ketiga partai sepakat untuk mengusung Anies sebagai capres, kesepakatan siapa yang akan diusung sebagai calon wakil presiden belum jelas. Demokrat menginginkan AHY sebagai cawapres, sementara PKS menyodorkan Aher. Namun, sikap PKS kelihatannya lebih lentur dibandingkan Demokrat soal siapa yang akan diusung sebagai cawapres. Pertimbangan PKS lebih pada soal logistik Pemilu.

Saat ini, Demokrat sudah mengumumkan dukungannya kepada Anies, lalu kapan PKS akan juga mengumumkannya? “Secara kalkulasi politik, bagi PKS ya koalisi bersama Nasdem dan Demokrat untuk mengusung Anies adalah pilihan yang terbaik,” ujar Hersubeno Arief dalam Kanal Youtube Hersubeno Point edisi Kamis (25/01/23).

Jika PKS sudah menyatakan dukungannya kepada Anies maka penantian panjang Anies untuk mendapatkan tiket capres akan berakhir. Kontestasi politik nasional juga akan sangat menarik setelah Anies dipastikan mendapat tiket pencapresan dari koalisi Nasdem, Demokrat, dan PKS.

Tetapi, kini, ketika media ramai-ramai memberitakan keputusan Demokrat untuk mendukung Anies Baswedan sebagai capresnya, tiba-tiba sejumlah politisi Nasdem yang dipimpin oleh Ahmad Ali melakukan kunjungan ke sekretariat bersama Gerindra dan PKB. “Ini langkah kuda apalagi? Saya kira ini yang membuat para pendukung Anies sampai sekarang masih belum bisa menarik nafas lega, apakah akhirnya Anies Baswedan ini betul-betul mendapat tiket atau tidak,” ujar Hersubeno Arief, wartawan senior FNN.

Tadinya orang berpikir bahwa setelah Demokrat menyatakan akan mendukung Anies maka tinggal menunggu PKS, tetapi ternyata tidak. Setelah Nasdem mengungi Sekber Gerindra – PKB, orang kembali bertanya-tanya, ada apa?  “Orang di lingkaran dekat Anies saya kontak, dia menjawabnya secara bercanda bahwa ini hanya silaturahmi dan ini benchmark untuk membuat sekretariat bersama. Mudah-mudahan bener seperti itu,” harap Hersu. (ida)

368

Related Post