Mengomentari Debat Capres, Jokowi Tak Malu-malu Mendukung Paslon 02

Jokowi mengomentari debat capres kedua

Jakarta, FNN – Debat capres kedua yang berlangsung beberapa waktu lalu dan mendapat respons dari masyarakat luas, rupanya juga telah memancing Presiden Jokowi untuk ikut bereaksi. Ini hal luar biasa karena di luar kewajaran sehingga membuat banyak orang terkejut. Apalagi komentar Presiden Jokowi sangat jelas memihak pada paslon 02, paslon jagoannya.

Jokowi menganggap bahwa debat capres kedua itu menyerang pribadi, datanya salah. Bahkan, Anies Baswedan juga dilaporkan ke Bawaslu karena dianggap menyebarkan kebohongan. Sebetulnya ini dialektika biasa jika yang mempermasalahkan adalah tim pemenangan paslon 02. Tetapi, kalau seorang presiden mengomentari perdebatan rasanya sudah bukan etik lagi, ini sudah keterlaluan.

“Kalau begitu, Jokowi merangkap saja jadi Ketua Bawaslu dan Ketua KPU,” ujar Rocky Gerung dalam kanal You Tube Rocky Gerung Official edisi Selasa (9/1).

Sebetulnya ini masalah yang dulu sering disebutkan oleh Rocky dan kemudian diambil idenya oleh Anies, yaitu mempersoalkan soal etika. Apalagi kalau itu menyangkut hak publik dan hak publik adalah menerima informasi yang tidak disensor.

“Nah, kalau presiden sudah ngomong, itu artinya sinyal untuk disensor mereka yang mengkritik dengan tidak sopan, dengan cara apa pun,” ujar Rocky.

Padahal, lanjut Rocky, debat itu dimaksudkan untuk secara leluasa setiap kandidat mengeksplorasi ide dengan logika, dengan estetika, maupun dengan satire.

“Jadi, jangan sampai presiden Jokowi tidak mengerti bahwa debat itu justru untuk menguji stabilitas emosi orang, keteduhan batin seseorang, dan kecepatan berpikir seseorang. Jadi, Jokowi betul-betul ingin menghalangi perdebatan,” ujar Rocky.

Padahal, menurut Rocky, debat capres  ini menjadi model baru untuk menilai kapasitas dari para capres, yaitu menguji sekaligus ditonton oleh publik, kemampuan mengendalikan emosi, ketajaman menggunakan rasio. Itu sebetulnya yang kita inginkan dan sedang dipromosikan oleh netizen.

Netizen menunggu ide itu diucapkan, logika diterangkan, bahkan menunggu siapa yang akan babak belur di situ. Itu hal yang biasa saja. (ida)

156

Related Post