Intelektual dari Gg Kernolong (Betawi berprestasi II)

(Photo Mr Rohyani Su\'ud)

Oleh Ridwan Saidi Budayawan 

PERKUMPULAN Kaum Betawi berdiri tahun 1918. Pendiri a.l M. Husni Thamrin. Lalu menyusul onderbouw Pemuda Kaum Betawi.

Sejak awal organisasi Betawi in ini kegiatannya berorientasi intelelectualism. Sejak berdiri sudah terbitkan media bulanan Kaum Betawi kemudian berganti Tjahaya Betawi. Mereka mendirikan lima perpustakaan tersebar di sejumlah tempat. Sebelum berhimpun dalam ormas Betawi, orang2 Betawi banyak bergiat di Budi Utomo.

Budi Utomo sejak berdiri berjuang agar putra2 Indonesia mendapatkan hak akan pendidikan. Dalam Kongres Budi Utomo II tahun1909 di Jakarta, kongres membahas tidak dibolehkannya anak-anak Betawi sekolah. Tampaknya perjuangan berhàsil. Pada tahun 1927 sarjana angkatan pertama Rechts Hogeschool  termasuk Betawi Gang Kernolong Rohyani Su'ud dengan gelar Meester in de rechten.

Pada tahun 1928 Rohyani yang ditunjuk mewakili Pemuda Kaum Betawi di Kongres Pemuda II yang menghasilkan Sumpah Pemuda.

Meseum Thamrin di Gg  Kenari II sebelumnya gedung pertemuan yang dibeli MH Thamrin. Organisasi-organisasi pemuda dan partai mengeluh sering sulit mendapat gedung untuk vergadering, rapat. Seorang pebisnis  Belanda Meneer Haas tawarkan gedung pemotongan hewan miliknya di Gg Kenari. Sapi potong Meneer Haas yang disukai pelanggan daging dalam. Jenis daging ini bekend sebagai daging has, atau haas.

Seluruh kegiatan Kaum Betawi dan ormas pemudanya serta kegiatan pustaka dan penerbitan majalah berakhir di jaman Jepang karena tak dibolehkan oleh Dai Nippon Taekoku. (RSaidi)

273

Related Post