Drama Benci tapi Rindu Ending by Rujuk di Bali

Oleh Ridwan Saidi Budayawan 

PENGETAHUAN sejarah penting dalam politik, pahami econ penting sebagai indikator sejarah.

Politik adalah infrastruktur sosial pembangunaan ekonomi. 

Karena Itu Joe Biden just keep smiling saat  bertemu Presiden Joko dan Pak Joko kata, World econ important, Sir.

Selama KTT G20 Pak Joko hanya terima dua kunjungan Presiden: Joe Biden dan Erdogan Turki. Presiden Turki kasih briefing ke Pak Joko soal Ukraine. Soal yang Indonesia mau hindarkan dari G20. Ga enak mungkin sama kamerad Ruski.  Ternyata perang Ukraine vs Rusia masuk juga ke pentas G20 pada 15/11/2020. 

Soal tamu Pak Joko.

Menlu Retno sebelumnya mengatakan bahwa yang mau bertemu Pak Joko antri saking banyaknya. 

Sebenarmya USA yang ajak China berteman pada tahun 1971 melalui pingpong diplomacy. Kemudian Presiden Nixon berkunjung ke Peking, belum ganti nama Beijing. Saat itu di USA sedang bangkit Flower Generation yang anti perang.

Hubungan kedua negara lancar, sampai era Obama baru terjadi ketegangan. Tahun 2008 USA krisis karena Financial  Institution banyak yang tanam duitnya di China. 2010 econ USA pulih. Sejak itu pemerintah USA keras pada China bahkan sejak Biden, China dikepung.

Di Indobesia kecebong-kucai pada hantam USA.

Pada 14/11/2022 terjadi "adegan mencuri adegan".

Jangankan kecebong-kucai, hatta sahibul hajat (tuan rumah) pemerintah Indonesia kaget karena Presiden USA dan China jadikan  Bali sebagai tempat  pertemuan sangat bersejarah dalam politik global  Agenda G20 jadi implisit. Gagal lagi bapak kita jadi tokoh dunia.  Pantesan kawal keamanan sangat istimewa.. Pantesan

Menlu Rusia sempat digotong ke rumkit.

Masalah politik yang disepakati USA-China:

1. Taiwan status quo

2. Waspadai Korut yang mau miliki senjata nuklir

3. Cegah Rusia gunakan senjata nuklir ke Ukraine

4. Jangan langgar HAM di Sin Jiang dan Hongkong. 

Hari pertama G20 15/11/2022 diwarnai dengan tersinggungnya Menlu Rusia dengan isi apa yang disebutnya draft komunike G20. Tak dijelaskannya draft ini bole-nemu dimana. Isinya menyudutkan Rusia dalam perangnya dengan Ukraine.

Mayotitas negara peserta siap gasak Rusia dalam komunike. Indonesia? Di Pnompenh Pak Joko kata tak mau  jadi negara proxy.

Pengertian politik bebas aktif iru tak bebas dari system nilai2 kemanusiaan yang haqiqi. (RSaidi).

220

Related Post