Indo Pacific, Kick Off

(Photo naskah Perjanjian investasi Portugis di Sunda Kalapa 21 Agustus 1521)

Oleh Ridwan Saidi  | Budayawan 

Menlu ASEAN meeting 5 Agustus 2022 di Pnompenh, Khmer, dihadiri Menlu USA Blinken, Menlu Jepang, dan Menlu China. Menlu Myanmar, sebagai anggota, tak dihadirkan.

Dalam pertemuan itu Menlu2 ASEAN mencapai kesepakatan dengan USA akan menjadikan Indo Pacific kawasan yang damai dan makmur.

Tampaknya Menlu China hadir sebagai observer saja. Mereka bukan Pacific. Hawaii USA itu Pacific, juga Jepang.

Kehadiran China di Pnompenh sebagai, dalam istilah sebuah ormas di sini untuk observer, penggembira. China penggembira dalam  Menlu ASEAN meeting, dan ini berdampak menggembirakan penggemar China di Indonesia, baik pelaku politiknya mau pun pakar kampus. 

VOA Indonesia menyiarkan Menlu Retno pada tanggal 22/2/2022 di Paris berkata dengan lantang, Jangan ada satu pun negara yang mendominasi Indo Pacific.

Kata orang Betawi jangan diungkit-ungkit lagi.

Pinjam istilah Imam Syafi'i, ucapan Menlu Retno di Paris itu qaul qadim (lama), yang di Pnompenh qaul jadid (baru).

Indonesia tak punya pilihan lain kecuali bersama AUKUS berkiprah di Indo Pacific. Dan Indo Pacific sudah kick off.

Kiranya dalam pelaksanaan polugri perlu mencari inspirasi dari masa lalu. Bagainana Syahbandar Sunda Kalapa Wa Item pada tahun 1518 ke Malaka menemui Laksmana d'Albuquerqe membujuk Portugis agar mau investasi membangun labuhan Kalapa II. 

Untungnya  Syahbandar Wa Item pandai berbahasa Portugis sehingga semua lancar selama 3 tahun berlangsungnya pembicaraan. Wa Item tidak sebentar-sebentar lihat catatan. Akhirnya perjanjian investasi ditanda-tangani. 

Wa Item tidak mau hutang non budget, karena akan menyusahkan Syahbandar pengganti dia. Juga dirinya sendiri. (RSaidi)

297

Related Post