Kongres Muhammadiyah ke XX Tahun 1931

Foto Poster Kongres Muhammadiyah

Oleh Ridwan Saidi Budayawan 

JAMIATUL Khair organisasi (Islan) tertua berdiri 1903. Lima tahun lebih dulu dari Boedi Oetomo. Muhammadiyah berdiri , 1912.

Sarekat Dagang sebagai komunitas bisnis sudah ada di zona-zona ekonomi sejak Islam menguasai dagang di Indonesia XI M. Sarekat Dagang yang memilih Syahbandar.

Sarekat Dagang Islam Samanhudi di Solo: "koperasi" batik muslim.  Tak sentralistik. Di Jakarta SDI oleh Tirtoadisuryo 1909 dan di Bogor oleh Bajenet 1909.

H0S TJokro ikut SDI tapi tak ada kaitan inspiratif dengan jkelak berdirinya SI 1912. Tapi sejarawan' mengkaitkannya keduanya. 

Pendiri SI OMAR SAID dan Ali Surati Indian Moslem. A Muis later on. Diduga Surati ide drager  perlunya organisasi Islam idiologis. Mungkin ia orang Pan Islamisme jaringan Pekojan.

Sarekat Islann dapat RECHTSPERSOON 1913. 

Menurut A.P.E Korver pada tahun 1914 anggota SI tercatar sudah 2  juta.

SI menjadi organisasi besar dan kuat berkat disiplin iuran anggota .

Muhammadiyah dalam waktu 19 tahun,  1912-2931, menggelar 20 kali kongres. Disiplin yang menbuat Muhammadiah sukses dalam menhalankan program pendidikan dan kesehatan. Diduga asset Muhamnadiah kini senilai puluhan Triliun Rupiah.  Ini bisa membuat yang lagi kantong tipis dan dililit hutang ilernya me-netes-netes, mau meminjam tapi malu.

Muhammadiyah anggota istimewa Masyumi. Tahun 1968 ikut mendirikan Parmusi. Setelah itu sebagai organisasi Muhammadiyah tak lagi melibatkan diri dalam politik praktis. Pribadi-pribadi bebas untuk ikut politik praktis mau pun politik yang tidak praktis. 

Saya mengenal akrab seorang tokoh Muhammadiyah  sejak Orla sampai Suharto roboh: Lukman Harun. Ia type aktivis sejati. Suatu hari di jaman Orba ia berpesan,  Wan kalau  politik ummat mau selamat, pegang Pak Harto.

Suatu hari tatkala reformasi sudah muncul  saya ketemu Lukman, Man pak Harto rubuh, Man.

Lukman menyahut,  Wan ente lihat saja nanti Islam bakal bagainana. UUD 45 sudah diacak-acak.

Ketika tanggal 15 Maret 2022  PBB sahkan resolusi Perangi Islamo phobia,  tiba-tiba saya teringat temanku Lukman Harun yang 'lah lama pergi.  Lukman tak mengalami, bisik hatiku. (RSaidi)

304

Related Post