Minaret Kudus

(Foto minaret Kudus)

Oleh Ridwan Saidi Budayawan 

Minaret adalah bangunan religius orang-orang Asia Barat. Biasanya orang-orang duduk berkumpul di sekitar minaret mengagungkan kekuasaan Tuhan yang maha Tinggi.

Di  wilayah Palestina juga ada minaret selain di Babylon.

Bangsa-bangsa Asia Barat datang ke Andunisi V M. Jejak mereka berupa upacara tabui, Dam Raman Metro, Situs Batujaya, dan minaret  Kudus.

Di buku resmi sejarah Indonesia tak ada kata Palestina atau Kudus. Space narasi sejarah Indonesia habis dilalap migran India.

Orang Palestina disebut orang Kudus. Tapi panggilannya Panembahan. Misal Panembahan Senopati pendiri kerajaan Mataram II selain Raden Hadiwijaya.

Raden Fatah adalah abdi Majapahit yang pada 1478 diangkat Ottoman sebagai Kalipah ing Tana Jowo. Bedakan dengan Pate kasus Pasuruan 1539-1540 yang  dikasih gelar Raden jadi Raden Pate lalu Raden Fatah. Time line keduanya berkacek (berbeda) 61 tahun.

Tidak jelas time frame Raden Fatah selaku Kalipah Tana Jawa. Tapi zona ekonomi di Jawa controled by Islam: Sunda Kalapa, Semarang, Tuban, Gresik, Panarukan, Pasuruan.

Panembahan Senapati yang menjadikan power system Mataram sebagai Kesultanan Islam. Mataram berperan dalam mengawal kerajaan Sumedang dan zona ekonomi Sunda Kalapa dan Semarang.

Populasi Palestina di  Jawa tak seberapa dengan di Sumatera. Jejak biologi pun masih tampak di sana. India?

Sun sun sun sun zalima. Nehi mohabbat. (RSaidi).

468

Related Post