Pro 10 November

(Photo cover buku Josephus I M. Buku pertama di dunia tentang sejarah. Berikut Geographia oleh Claudius Ptelomeus tahub 161 M.)

Oleh Ridwan Saidi Budayawan 

Aristoteles: Alex, pergilah  ke negeri di ujung timur. 

Dalam buku Alexender de Great oleh Harold Lamb dikutip dialog era IV SM antara Aristoteles dengan Alexender the Great: Kau pergilah Alex, ke negeri di ujung timur. 

Alex OK. Tapi sampai India dia wafat.

Negeri di ujung timur dalam bahasa pelayar Arab: Al Masyrik Syarqiyah. Negeri timur yang paling timur. Yang mereka maksud  Indonesia . 

Meski Alexender tak sampai Indonesia tapi rasa penasaran. tentang negri di ujung timur merangsang minat generasi Greek terkemudian ke Indonesia. 

Egypt lebih dulu dari mereka pada XIII SM. Yang terkemudian menyusul bangsa-bangsa Hyksos: Palestina, Jew, Suriah. Bangsa-bangsa Arab: Oman, Bahrein, Iraq. Bangsa berbahasa Swahili: Axumite, Moor. Jauh sebelumnnya Maya, Inca, Amazone, Carribea dan bangsa-bangsa berbahasa Melani.

Purbotjaroko tak mau tertinggal KA. Tanpa time line dia sebut nama India Jataka yang berkelana ke selatan..Di Tangerang ada toponim Jatake.Tak mau saya sebut artinya. 

Pak Purbo sang maha pakar sejarah artikan selatan itu Indonesia. Asyiq.

Route geographi India-Hindia Belakang-Hindia Belanda tampaknya mau dipaksakan sebagai route peradaban padahal tak ada jejak biologis, linguistic dan toponim,  bangunan, dan kesenian. 

Dalam rangka memperingati hari Pahlawan penting bagi kita untuk mulai merekonstruksi sejarah Indonesia. Sejarah yang logis menolong pembentukan konstruksi berpikir yang sehat dan logis. (RSaidi).

215

Related Post