Samen Bundeling van Alle G-20 Krachten

Oleh Ridwan Saidi Budayawan 

KALAU Bung Karno mengatakan bahwa Samen bundeling van alle revolusionaire krachten. Menyatukan segala kekuatan revolusioner. Tapi saya ingin nemakai  politieke  phrase BK dalam bahasan G20 Bali.

Tiga (3) bulan sebelum G20 Bali Menlu USA Blinken mengatakan Rusia cuma tantangan tapi China ancamann. Kiranya saat itu USA-China lagi rendezvous.

Kurang dari 2 bulan lalu Menteri Sandiaga bicara dengan menghebat-hebati Rusia.

Di Pnompenh Pak Joko mengajak negara-negara ASEAN untuk tidak jadi negara proxy.

Menjelang G20 Menko LBP dalam pernyataannya terkesan ogah-ogahan kalau G20 mengeluarkan komunike. Mungkin sudah diduga G20 akan mengeluarkan kecaman terhadap Rusia. Zaman James Bond memang From Russia with love. Kini  'kan Ukraine dihancurkan.

Pak Joko memberi solusi lewat pidato pembukaan G20, I repeat stop war.

Izin. Stop war itu normatif. G20 seharusnya mencari solusi yang dapat diaplikasi demi menyelamatkan Ukraine. Bahasa kini solutip mirip selotip  buat tempek koreng.

Di tengah konferensi Bali PM UK menyampaikan info bahwa ada 80 missile ditembakkan Rusia ke Kiev Ukraine. Kata Dubes Ukraine untuk Indonesia, yang 2 menyasar ke Polandia.

Ini cara Rusia marah ke G20. Ini sudah bukan lagi Rusia yang dikisahkan dalam karya sastra Anton Chekov yang jenaka.tentang saudagar yang ketakutan karena bersin. Pebisnis itu suatu malam yang dingin nonton teater duduk di balkon. Tiba-tiba ia bersin, haaatchih. Dan dahak warna hijau daun terlempar ke bawah. Buru-buru ia julurkan kepala. Ampun. Dahak nan kental itu jatuh di lkepala Tsar yang botak.

G20 akhitnya ketok martil ACC komunike yang a .l isinya minta Rusia keluar dari Ukraine.  Komunike juga dikukung Ibdonesia. Tergalang kekuatan G20 vis a vis Rusia. 

Tanggapan delegasi Indonesia setelah komunike/deklarasi:

1. Pak Jokowi 

Semua negara mendukung deklarasi kok.

Note; Terkesan apologi.  Komunike sebagai format tentu didukung. Sedangkan konten, hal yang lain . 

2. Menlu Retno:

Declaration dan  komunike itu artinya sama.

Note; Ini terminologi. It's beyond the problem 

3. Menkeu Mulyani; Nanti juga ada bilateral lah.

Note: It's there any problem will come out from certain country? 

(RSaidi)

230

Related Post