Airlangga Mau Digusur dari Golkar, Jokowi Butuh Sekoci Penyelamat

Ketua Umum Golkat Airlangga Hartarto dan Presiden Joko Widodo

Jakarta, FNN – Istana diduga sedang menyiapkan skenario untuk menguasai Partai Golkar yang ujung-ujungnya menjadi skoci Joko Widodo setelah dilepeh Megawati. Jalan pengambilalihan itu tampak mulus karena Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto berlumuran “dosa” yang mudah untuk disemprotkan ke “wajahnya”.

Demikian benang merah yang bisa disimpulkan dari perbincangan pengamat politik Rocky Gerung dengan wartawan senior FNN, Hersubeno Arief dalam kanal YouTube Rocky Gerung Official, Rabu, 11 Mei 2022.

“Saya kira operasi menggusur Airlangga akan berhasil karena ini hal yang terpaksa mesti kita nyatakan akan terjadi pembelahan di situ. Karena musti ada yang dikorbankan,” tegas Rocky.

Rocky menduga, Airlangga akan dibidik dengan dua senjata, pertama soal wacana tiga periode yang gagal dan kedua soal perlawanan Airlangga terhadap presiden perihal ekspor CPO (crude palm oil).    

“Sebetulnya, kalau kita lihat secara objektif, proposal Airlangga soal CPO itu proposal rasional. Itu kalkulasi ekonomi saja, lepas dari soal analisis kepentingan di belakang itu. Airlangga membaca pikiran Jokowi, lalu dia sebutkan bahwa ‘oke, jangan semuanya dinyatakan terlarang ekspor’. Kan itu ballancing antara kepentingan oligarki dan kemarahan presiden. Orang-orang di sekitar presiden yang juga berupaya untuk mencari muka menghajar Airlangga. Jadi sekalian terjadi hari ini kita lihat Koran Tempo memperlihatkan Inside Story sedikit-sedikit di situ. Tapi background awalnya tetap, yaitu persaingan di dalam kabinet.  Itu berita bagus buat oposisi. Sebentar lagi berantakan,” kata Rocky.

Sementara soal wacana tiga periode, publik sudah tahu bahwa isu itu layu sebelum berkembang.  “Sekali lagi, saya anggap bahwa Pak Airlangga memang akan menjadi sasaran karena sebetulnya ide tiga periode itu kan Airlangga hanya merefer puzzle, mengucapkan ulang, membaca kira-kira keinginan Presiden Joko Widodo, lalu dia ucapkan tiga periode.  Ternyata berbalik, lalu dia terpaksa disalahkan. Dan itu akan dimulai dengan melihat hasil survei. Kira-kira begitu,” kata Rocky.

Rocky menegaskan bahwa secara normal, Pak Jokowi lengser keprabon itu sesuai keinginan dia, akan tetapi musti ada sekoci penyelamat. Satu-satunya yang mungkin adalah Golkar.

“Mungkin PSI akan diambilalih oleh Pak Jokowi untuk menjadi backbone dia atau backup pasca dia lengser, tetapi yang paling mungkin saya kira Golkar,” paparnya.

Menurut Rocky, Golkar mungkin tidak jadi diincar sebagai sekoci penyelamat Pak Jokowi, kalau dalam beberapa bukan ini situasi politik baik-baik saja.

“Lain kalau Pak Jokowi itu betul-betul nggak ada problem selama tujuh atau delapan tahun.  Lah, ini kan makin lama makin buruk pemerintahan Pak Jokowi,” paparnya.

Tapi fakta ini kata Rocky hanya bisa disodorkan sebelum para cebong bergejolak dari dalam kolam, terus tiba-tiba menghajar kita lagi. “Wah nggak begitu. Iya, tapi analisis itu kalau dasarnya belajar berpikir lurus ke situ kan, nggak mungkin Pak Jokowi mengambilalih Golkar, dia tetap ke PDIP. Iya, tapi semula hal yang ada di belakang layar itu harus diterangkan dengan logika yang kuat,” kata Rocky.

Menurut Rocky, tema penggusuran Airlangga ini sebetulnya adalah persekongkolan antara mereka yang membenci Airlangga karena menjadi pesaing politik 2024 dan mereka yang ingin mengambilalih Golkar justru untuk kesempatan membujuk Pak Presiden supaya tidak usah ragu,  lakukan pembelahan di Golkar. Step berikutnya akan terjadi pembelahan di Golkar.

“Itu sudah rumus dan intrik yang biasa. Nanti belakangan akan disebutkan bahwa Airlangga itu memang pantas digusur karena big-data mengatakan Airlangga tidak pantas jadi Presiden. Jadi kesimpulan itu akan dibuatkan untuk mem-backup keputusan,” paparnya.

Hal semacam itu, kata Rocky adalah hal yang normal saja. “Yang tidak normal, adalah keadaan dimana intrik di dalam kabinet itu, makin kuat dan makin dalam. Sementara keadaan ekonomi makin memburuk dan tidak ada yang peduli. Demikian juga keresahan mahasiswa dan buruh itu. Konsolidasi daerah tetap terjadi, tapi pers tetap dikendalikan,” tegasnya.

Jadi, kata Rocky kita bisa analisis konflik di sana dalam satu tema, yaitu sudah pada tidak sabar untuk mempercepat perubahan.

“Tapi saya tahu Pak Airlangga kan orang yang juga mampu untuk melawan. Jadi, sambil kita menganalisis, kita komporin juga Pak Airlangga supaya lakukan sideback,” kata Rocky. 

Gonjang-ganjing di istana sebetulnya sudah lama diprediksi oleh Rocky Gerung dengan istilah saling makan memakan di sekitar Jokowi.

 “Dari semester lalu kita bikin prediksi sedikit dengan variabel yang kuat untuk memperlihatkan saling makan-memakan di istana. Waktu itu kita masih pakai istilah saling agitasi dan saling amputasi. Sekarang mulai terjadi yang kira-kira bakal diamputasi pertama ini adalah Airlangga Hartarto. Itu konteksnya yang selalu orang menuduh kita kompor, padahal kita cuma mencoba menganalisis dan kemampuan analisis kan memerlukan ketajaman menginterpretasikan fakta dengan logika yang kuat,” katanya. 

Menurut Rocky, FNN selalu hanya bikin analisis, bukan ngomporin. Kalau ternyata terjadi beneran, yaitu karena ketepatan metodologi saja. 

“Dan sekarang juga masalah-masalah besar kita ada di depan mata dan kita mau coba lihat apakah dengan masalah-masalah ini 2024 masih bisa diagendakan secara normal atau kita musti justru berpikir keadaan yang abnormal. Kan begitu. Ini juga bahasa beginian nanti si Cebong mulai lagi ini provokasi, padahal ini bahasa biasa saja,” pungkasnya. (sof, sws)

314

Related Post