Anies Pembuka Rangkaian Kuliah Kebangsaan di FISIP UI Sebelum Ganjar dan Prabowo, Nilainya A

Anies Baswedan

Jakarta, FNN – Kemarin, Selasa (29/8/23), bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk persatuan (KPP), Anies Rasyid Baswedan, memberi Kuliah Kebangsaan di FISIP UI. Anies Baswedan hadir sebagai pembuka rangkaian kuliah kebangsaan yang juga akan menghadirkan dua bacapres lain, yaitu Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Anies mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan ajang mengemukakan gagasan dan ide untukbangsa ke depan karena gagasan dari mahasiswa juga patut didengarkan.Anies juga mengatakan bahwa keterbukaan pertukaran pikiran dan menyampaikan gagasan merupakan bagian dari proses demokrasi.   

Kuliah kebangsaan ini sangat ramai diperbincangkan di media, baik media online maupun media konvensional. Yang juga menarik adalah kegiatan ekstrakurikuler Anies di kampus. Anies bertemu mahasiswa  di kantin, kemudian mendatangi kantor BEM UI untuk mengambil undangan debat. Tetapi, karena ruangannya kosong, Anies hanya menyampaikan kalau dirinya menunggu undangan BEM UI.

Ketika diminta evaluasinya mengenai kuliah kebangsaan Anies di FISIP UI, Rocky Gerung dalam diskusi di kanal You Tube Rocky Gerung Official edisi Rabu (30/8/23) mengatakan, “Oke, kalau standar awal kita lihat bagaimana Anies dia menguasai. Siapa pun yang diundang untuk mengucapkan dalilnya, di mana pun, dia harus mampu. Tetapi, Anies memang dipastikan akan menjadi parameter terhadap Prabowo maupun Ganjar. Itu untungnya dia tampil pertama.”

Yang lain, lanjut Rocky, sudah punya kira-kira kisi-kisi suasana diskusi seperti apa. Ganjar bisa mempelajari siapa yang bertanya atau modus pertanyaannya atau ketajamannya bagaimana. Tetapi, yang tidak pernah orang bayangkan, UI itu punya berbagai macam cara untuk mengorek-ngorek atau mengulas-ngulas.

“Jadi, mungkin kita anggap bahwa Prabowo sedang mempelajari suasana, Ganjar juga begitu. Yang penting datang ke situ, karena UI nggak ada problem, siapa pun boleh buka dalil di situ, termasuk Profesor bego atau Profesor pinter enggak ada soal. Nanti ketahuan tuh bego apa pinter belakangan,“ ujar Rocky dalam diskusi yang dipandu oleh Hersubeno Arief, wartawan senior FNN, itu.

Jadi, lanjut Rocky, pastikan bahwa yang diucapkan oleh Anies kemarin ada standar yang kira-kira menjadi ukuran untuk semua kampus di Indonesia. Kita tidak bisa membandingkan, misalnya, kalau Ganjar yang keluar itu standarnya juga jadi turun karena Ganjar tidak punya kemampuan untuk mengulas sesuatu yang konseptual. Tetapi, bagi Ganjar tidak perlu takut juga karena Ganjar memang dilatih untuk utuh di dalam mengucapkan nasionalisme ala Bung Karno. Jadi, pastikan Ganjar menguasai soal nasionalisme Bung Karno. Jangan sampai justru bagian yang dia kuasai itu ternyata terlihat keretakan konseptualnya karena banyak sejarawan Indonesia, sejarawan UI, yang juga paham betul tentang Bung Karno.

 “Jadi, Ganjar perlihatkan bahwa dia datang dengan ide Soekarno, tidak usah pakai ide-ide lain. Nanti jadi kaku justru di situ. Jadi itu usulan saya,” usul Rocky.

Demikian juga Prabowo. Prabowo datang dengan satu konsep yang sekarang sedang dia geluti soal pertahanan, sehingga orang fokus pada soal-soal itu. Anies kemarin melayani pertanyaan yang memang dia kuasai, yaitu kedudukan dia sebagai Gubernur waktu mengatasi pandemi kemarin. Jadi, Anies mampu untuk mengucapkan sesuatu yang memang dia kenali.

“Di bidang itu, dia dapat A pasti, tapi mungkin di bidang yang lain dia nggak bisa dapat A. Dan Ganjar mungkin dapat A di bidang Soekarno walaupun orang anggap Anies juga paham tentang Soekarno,” ujar Rocky.

Jadi, tambah Rocky, untuk pertama kalinya kita pastikan setiap orang datang dengan potensi dirinya. Ganjar tidak usah bicara tentang pertahanan karena dia buta huruf soal itu. Ganjar mending jangan sentuh soal lingkungan karena dia akan dicincang di situ. Tetapi, ini persiapan buat Ganjar untuk masuk di dalam perdebatan yang lebih luas. Ini kan baru kuliah umum. Belum ada perdebatan.

“Nanti ada waktunya di mana semua isu akan dibuka untuk diperdebatkan. Jadi, Anies memulai dengan satu gagasan bahwa kepemimpinan itu, tradisi memimpin itu ada track record-nya, tetapi bukan track recordnya yang diperlihatkan, positif atau enggak,” ujar Rocky.

Ganjar juga bisa datang dengan pengalamannya menjadi pemimpin. Demikian juga Prabowo. Tetapi, balik lagi pada tema-tema yang akan disusun. Yang lebih penting sebetulnya bukan kuliah umumnya tapi perdebatan-perdebatan di BEM yang mustinya lebih ramai nanti.(ida)

290

Related Post