Di Tangan Anies, Tiktok Bukan Lagi Tempat Capres dan Politisi Alay

Anies Baswedan live Tiktok

Jakarta, FNN – Anies Baswedan, calon presiden nomor urut 1, tidak hanya dinobatkan sebagai raja debat oleh sejumlah pakar komunikasi dari berbagai Perguruan Tinggi, tetapi kita juga harus mengakui bahwa Anies dan timnya telah membuat sebuah terobosan baru dalam strategi kampanya yang berdampak sangat besar terhadap perkembangan demokrasi di Indpnesia.

Salah satu terobosan yang dilakukan oleh Anies dan timnya dalam masa kampanyenya adalah  keberanian dan kesediaannya bertemu, berdialog, dan bahkan berdebat dengan berbagai elemen masyarakat. Mulai dari akademisi, diplomat, pelaku bisnis, wartawan, anak muda, pelajar, mahasiswa, petani, hingga nelayan dan sebagainya di berbagai kota di Indonesia.

Terakhir, beberapa hari lalu Anies berdialog dengan petani dan nelayan di Banyuwangi. Para petani dan nelayan sangat antusis mengikuti acara Desak Anies hingga mereka rela menempuh perjalanan berjam-jam untuk menemui Anies. Mereka datang dengan segudang harapan agar Anies bisa memberi solusi atas semua permasalahan yang dihadapi di tempat mereka tinggal.

“Soal program Desak Anies ini saya harus acungi dua jempol, bahkan dua kaki, karena program ini berhasil mengubah wajah kampanye politik di Indonesia. Kampanye tidak lagi berbasis pengerahan massa, arak-arakan, joget dangdutan, dan lempar-lempar hadiah. Anies dengan sabar, tabah, dan telaten melayani berbagai pertanyaan, serangan, dan  kritikan tajam dari penentang dan pendukung paslon lain,” ujar Hersubeno Arief, wartawan senior FNN, dalam kanal You Tube Hersubeno Point edisi Minggu (31/12).

Desak Anies benar-benar merupakan debat langsung tanpa aturan kaku seperti yang diselenggarakan KPU. Debat dilakukan dengan riang gembira tanpa ada baper. Para peserta rela berdesak-desakan dan berpanas-panasan untuk mengikuti acara. Bahkan, di antara peserta ada yang mengaku merinding menyaksikan banyaknya jumlah peserta.

Rupanya, terobosan Anies tidak hanya berhenti di situ. Kamis malam (28/12) Anies live perdana di Tiktok. Antusiasme pengguna Tiktok pun luar biasa hingga menembus 300 ribu saat Anies live.

“Ini merupakan jumlah yang sangat besar bagi seorang politisi yang baru pertama kali live di Tiktok,” ujar Hersu.

Yang dibahas dalam Tiktok pun hal yang cukup serius, tidak alay. Sedangkan kita tahu bahwa selama ini Tiktok diisi oleh anak-anak alay. Bahkan, ketika ada politisi yang main Tiktok pun, gaya mereka juga ikutan alay.(ida)

337

Related Post