Dukun dan Politik

Oleh Ridwan Saidi, Budayawan

(Foto Grigori Rasputin, dukun politik Rusia)

Perdukunan dalam politik di Indonesia terjadi sejak jaman VOC. Itu terjadi pada masa Gubernur Jenderal VOC Hendrick Zwaardecroon 1720-1725.

Zwaardecroon tanpa alasan merampas tanah milik Pieter Erberveld di Sunter. Pieter mewarisi tanah dari ayahnya seorang Jerman yang menjadi anggota Hemraad  dan pemilik perusahaan penyamakan kulit di Peca' Kulit.

Zwaardecroon waswas kalau-kalau Pieter melakukan pembalasan.

Sementara itu nyonya atau mevrouw Zwaardecroon penggemar dukun. Dari dukun ia mendapat info memang Pieter akan melakukan pemberontakan pada malam tahun baru tanggal 31 Desember 1721.

Zwaardecroon yakin dengan info dukun via bininya, dan pada malam tahun baru itu Pieter ditangkap. Pada bulan April 1722 Pieter menjalani hukuman mati.

Nama Grigori Rasputin tak asing bagi peminat politik. Dia dukun yang mengaku orang suci yang menjadi kepercayaan Tsar Rusia Nicholas II. Keyakinan Tsar pada dukun mengantarkan dia ke gerbang kematian lewat pembunuhan pada tahun 1918.

Balap motor Mandalika atau MotoGP berakhir dengan berita dan komentar berkepanjangan tentang pengakuan pawang hujan, atau dukun, yang katanya berhasil mengusir hujan. Sesungguhnya kemarin 20/3/2022 balapan diwarnai hujan dan petir pada awalnya. Siang sedikit memang mereda.

Kehadiran dukun di MotoGP benar adanya. Balap motornya sendiri tidak mendapat tempat layak di media.

Romawi tak dapat dipisah dengan Olympiade. Nomor lari mesti ada di tiap pesta olahraga segela level. Dalam lomba lari peserta memutar dengan arah kanan membuat circle yang dalam geometri disebut crawl. Dalam scriptologi Arab inisial waw.

Dalam balap mobil, terutama motor, lazimnya putaran itu mengarah ke kiri dan membentuk circle yang dalam geometri  disebut rotary.

Pilihan balap motor dan balap mobil dalam kondisi econ tidak sehat memang jadi pertanyaan publik. Apa pun jawab penyelenggara tetap sulit mengaitkannya dengan usaha perbaikan econ.

Dikaitkan dengan geometri, balapan2 ini sebenarnya tontonan atau upacara?

Perdukunan dalam politik sering mengantarkan pelaku pada tragedi. Zwaardecroon setelah gantung Pieter diboikot pebisnis Europeaners.

Tsaar Nicholas II harus setor lehernya untuk digorok lawan-lawwnnya. (*)

241

Related Post