Mahfud Mundur dari Menkopolhukam, Tantang Prabowo Lepas dari Bayang-bayang Jokowi

Jakarta | FNN - Isu tentang mundurnya sebagian menteri dari Kabinet Jokowi ternyata bukan isapan jempol. Satu per satu, menteri Jokowi mulai bersuara di tengah semakin sengitnya pertarungan politik menjelang Pemilu.  

Terbaru, Menkopolhukam Mahfud MD menyatakan akan segera mundur dari jabatannya guna menghindari adanya konflik kepentingan. Mengingat saat ini Mahfud MD juga tercatat sebagai cawapres nomor urut 3 yang diusung oleh Koalisi PDI Perjuangan.

Menurut Mahfud, keputusannya untuk meletakkan jabatan Menkopolhukam dilakukan untuk memberikan contoh kepada para pejabat yang memanfaatkan jabatannya untuk kepentingan politik. 

“Pihak lain nampak menggunakan jabatan, bahkan menteri-menteri yang tak ada kaitannya dengan politik malah ikut tim sukses,” kata Mahfud dalam acara dialog bersama masyarakat bertajuk ‘Tabrak Prof!’ di Kafe Borjuis, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (23/1/2024).

Diketahui, saat ini sejumlah menteri Jokowi ikut aktif dalam kampanye cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran. Termasuk Prabowo Subianto sendiri yang saat ini juga aktif sebagai Menteri Pertahanan. Bahkan dalam beberapa kesempatan, Prabowo dan Jokowi kerap bersama. Prabowo tampaknya sulit lepas dari bayang-bayang Jokowi.

Dilanjutkan Mahfud, ia sama sekali tidak pernah menggunakan fasilitas negara meskipun masih menjabat Menko Polhukam. Bahkan Mahfud sudah meminta pemerintah daerah untuk tidak menjemput dan melayaninya ketika berkunjung ke daerah. Sebab itu merupakan salah satu fasilitas negara yang diberikan kepada menteri. 

“Karena saya tidak mau menggunakan jabatan saya untuk fasilitas pemerintah,” tegas Mahfud. 

Menyoal kapan akan resmi mengundurkan diri, Mahfud mengaku hanya tinggal waktu saja, lantaran masih ada tugas negara yang harus diselesaikan dalam rangka transisi. 

“Saya menghormati Presiden Jokowi yang mengangkat saya empat setengah tahun yang lalu dengan ketulusan. Dan berdasar ketulusan itu pula saya akan meneruskan tugas-tugas itu bersama Ganjar Pranowo,” demikian Mahfud MD. (*)

300

Related Post