Pemerintah Kabupaten Sigi Verifikasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta secara simbolis menyerahkan bantuan kepada penerima manfaat Program Keluarga Harapan di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah.

Sigi, FNN - Pemerintah Kabupaten Sigi di Provinsi Sulawesi Tengah kembali melakukan verifikasi dan validasi data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) untuk mengoptimalkan pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan.

"Perbaikan data ini menjadi satu prioritas yang kami lakukan di awal tahun ini," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sigi Ariyanto dalam acara bincang-bincang di Sigi, Minggu.

Dia mengemukakan bahwa program penanggulangan kemiskinan seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dilaksanakan berbasis data warga miskin yang ada dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Ia memberikan gambaran, jumlah warga miskin di Kabupaten Sigi menurut DTKS sebanyak 153.000 orang. Berdasarkan data itu, organisasi-organisasi perangkat daerah (OPD) menyusun dan menjalankan program penanggulangan kemiskinan.

"Data tersebut disebarkan ke masing-masing OPD dan diintervensi lewat program di masing-masing OPD," kata Ariyanto.

Ia menjelaskan bahwa data warga miskin dalam DTKS berasal dari data warga berpenghasilan rendah dari pemerintah desa/kelurahan yang disampaikan ke Dinas Sosial, yang selanjutnya akan melakukan verifikasi faktual pada data-data tersebut.

"Dinas kemudian turun lapangan untuk mengecek langsung data-data tersebut di masing-masing desa," katanya.

Setelah melakukan verifikasi dan validasi data dari pemerintah desa/kelurahan, ia melanjutkan, Dinas Sosial akan menyampaikan data tersebut ke Kementerian Sosial melalui Bupati.

"Selanjutnya, data itu akan diverifikasi lagi oleh pihak Kemensos sebelum ditetapkan," katanya. (mth)

110

Related Post