Pemkab Belitung Timur Gelar Pasar Tani untuk Bantu Masyarakat

Pemkab Belitung Timur gelar pasar tani, Sabtu (12/2/2022).

Belitupng Timur, FNN - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar pasar tani pada beberapa titik untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga lebih terjangkau.

"Pasar tani ini sangat membantu masyarakat dalam menghemat pengeluaran rutin rumah tangga, karena harga bahan kebutuhan pokok termasuk juga produk pertanian lokal itu harganya lebih murah," kata Kepala Bidang Ketahanan Pangan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Belitung Timur Agustiawan di Manggar, Babel, Sabtu.

Pihaknya akan menggelar pasar tani secara rutin sebanyak dua kali dalam satu bulan dan digelar pada beberapa titik yang berbeda.

"Kita mencoba menjalin kerja sama dengan Bulog dan beberapa distributor untuk penyediaan sejumlah produk yang digelar di pasar tani," katanya.

Menurut dia, pasar tani ini juga bagian dari solusi dalam membantu perekonomian warga yang terdampak COVID-19.

"Selisih harga sangat jauh dibanding pasar biasa yaitu mencapai Rp10.000 setiap item barang kebutuhan pokok," katanya.

Ia juga mengatakan, pasar tani juga mampu menekan inflasi di daerah itu karena kondisi harga dan tingginya perminta dapat memicu inflasi.

"Untuk tahap awal ini pasar tani menjual beragam produk kebutuhan pokok, namun ke depan kita fokus penjualan produk pertanian sehingga petani terbantu terutama dalam memasarkan produk mereka," katanya. (mth)

117

Related Post