Pemkab Tanah Datar Siapkan 70 Agenda Pariwisata Sepanjang 2022

Rumah Gadang peninggalan Chatib Sulaiman di Nagari Sumpu, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Tanah Datar, FNN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, Sumatera Barat, menyiapkan 70 agenda pariwisata yang tergabung ke dalam Kalender Agenda 2022.

"Direncanakan Kalender Agenda 2022 Tanah Datar itu secara resmi diluncurkan pada akhir bulan ini," kata Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Tanah Datar Efrison di Batusangkar, Tanah Datar, Sabtu.

Ia mengatakan Kalender Agenda 2022 Tanah Datar nantinya dilaksanakan di 14 nagari di daerah itu dan diharapkan bisa menjadi motivasi bagi pelaku pariwisata di nagari lain dalam mengembangkan destinasi unggulan.

Mengembangkan destinasi unggulan di setiap nagari juga salah satu program unggulan Tanah Datar di bawah kepemimpinan Bupati Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian.

"Calendar of event 2022 ini sebagai bentuk motivasi dan dukungan dalam menyukseskan program unggulan Tanah Datar yakni, satu nagari satu event. Oleh karena itu event ini akan dilaksanakan di 14 nagari di Tanah Datar," katanya.

Ia mengatakan saat ini Kabupaten Tanah Datar sudah memiliki 190 destinasi wisata yang tersebar di 14 kecamatan, potensi itu terus dimaksimalkan hingga bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat.

"Destinasi wisata itu harus dimaksimalkan sehingga mampu memberi banyak dampak terutama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat setempat," katanya.

Ia mengatakan Kelender Agenda 2022 tersebut akan dilaksanakan mulai Februari hingga Desember 2022 diawali oleh kegiatan pacu jawi dan diakhiri Festival Pesona Minangkabau.

"Untuk konsep sementara calendar of event 2022 diawali event pacu jawi dan diakhiri event Festival Pesona Minangkabau 1 sapai 4 Desember 2022," katanya.

Ia mengimbau meski kondisi pandemi COVID-19 sudah berangsur menurun dan angka capaan vaksinasi meningkat dalam pelaksanaan event tetap terus mematuhi protokol kesehatan.

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan dalam meningkatkan sumber saya pariwisata Pemerintah Tanah Datar tandatangani nota kesepakatan kerjasama terkait dengan percepatan pengembangan destinasi wisata bersama Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung. (mth)    

272

Related Post