Politisasi Ibadah Haji

Catatan Muhammad Chirzin - Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta 

BAKAL capres usungan PDI Perjuangan Ganjar Pranowo melakukan ibadah haji bersama keluarganya ke tanah suci Makkah, Arab Saudi. Ganjar Pranowo dijamu Kerajaan Arab Saudi Ganjar bersama keluarga setiba di Bandara Internasional King Abdulaziz, Kota Jeddah. Ganjar pun disambut oleh protokol Kerajaan Saudi Arabia. Ganjar dan keluarga dijemput mobil khusus Arab Saudi saat menuju Kota Makkah, dan diantar dengan menggunakan mobil khusus.

Anies Baswedan juga berangkat menunaikan ibadah haji bersama keluarganya mendahului Ganjar Pranowo. Anies Baswedan bersama keluarganya juga dijamu Kerajaan Arab Saudi setiba di Bandara Internasional King Abdulaziz, Kota Jeddah. Anies pun pun disambut oleh protokol Kerajaan Saudi Arabia. Mereka dijemput mobil khusus Arab Saudi dan diantar dengan menggunakan mobil khusus menuju Kota Makkah.

Akun Twitter PDIP mengunggah foto Ganjar Pranowo di Makkah unggahan Suharso Monoarfa yang memuat Ganjar dan Anies dalam satu frame. Demikian, laporan Republika, Rabu 28 Juni 2023 06.27. WIB. Red: Erik Purnama Putra. 

Foto yang viral tersebut pertama kali diunggah oleh eks ketua umum PPP itu di akun media sosialnya. Suharso yang sedang menunaikan ibadah haji di Makkah Arab Saudi mengajak Ganjar dan istri serta bacapres Koalisi Perubahan Anies Rasyid Baswedan dan istri untuk berfoto bersama.

Foto itu viral hingga mendapatkan respons positif di medsos. Dua kandidat yang akan maju sebagai RI 1 pada 2024 berdampingan dan berfoto bersama.

Kini, foto tersebut diunggah ulang oleh akun Twitter @PDI_Perjuangan. Hanya saja, foto yang ditampilkan cuma memuat wajah Ganjar dan istri serta Suharso dan istri. Bagian Anies dan istri yang berada di sisi kanan, dihapus. Hal itu sontak membuat geger warganet, yang memenuhi kolom repply dan komentar di akun partai moncong putih tersebut.

"Ganjar Pranowo laksanakan ibadah haji bersama keluarga di Tanah Suci Makkah," demikian keterangan di foto yang diunggah akun PDIP dikutip Republika.co.id di Jakarta, Rabu (28/6/2023).

Akun PDIP juga memuat caption yang menjelaskan Ganjar sedang berada di Tanah Suci. Akun tersebut juga menjelaskan jika Ganjar sedang pergi haji atas undangan pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Ditampilkan pula saat Ganjar sedang berada di mobil jemputan sebagai tamu undangan VIP.

"Bakal capres usungan PDIP Ganjar Pranowo melakukan ibadah haji bersama keluarganya ke tanah suci Makkah, Arab Saudi. Ganjar Pranowo dijamu Kerajaan Arab Saudi. Ganjar bersama keluarga tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz, Kota Jeddah," demikian keterangan PDIP.

Hanya saja, status tersebut mendapatkan respons negatif dari warganet. Mereka mempertanyakan mengapa admin akun Twitter PDIP sampai tega mengedit foto asli yang memuat kebersamaan dua bacapres yang bersaing menjadi hanya memajang foto Ganjar. Adapun foto Anies dihilangkan. "Yang ngedit ngecrop hatinya busuk banget," kata pemilik akun @CakKhum.

Akun @QuartyRudiq memajang dua foto asli yang menampilkan Ganjar, Suharso, dan Anies dalam satu frame. Dia mempertanyakan niatan akun PDIP yang mengedit foto tersebut dengan mengabaikan etika. Ini politisasi ibadah haji! 

Apa pun yang telah terjadi, semoga ibadah haji Anies Baswedan beserta keluarga, dan Ganjar Pranowo beserta keluarga menjadi haji mabrur, amin. (*)

472

Related Post