Rocky Gerung Pertanyakan Anggaran Deklarasi Kebulatan Tekad Para Kepala Desa

Para Kepala Desa Seluruh Indonesia Berkumpul di Senayan Jakarta

Jakarta, FNN - Pengerahan para kepala desa seluruh Indonesia untuk kepentingan politik terus mendapat sorotan masyarakat.

Para kepala desa yang tergabung dalam Apdesi (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) kemarin berkumpul di Jakarta untuk membahas inovasi ke depannya untuk pembangunan Desa.

Pertemuan para Kepala Desa dan Aparat Desa seluruh Indonesia kemarin memang menjadi sorotan banyak mata di berbagai media.

Salah satu yang disorort adalah dana yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan acara tersebut pasti tidak kecil dan tidak sembarang begitu saja.

Yang juga mendapat sorotan publik adalah soal kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung, hadir pula Luhut Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi.

Di samping terlihat pula Wakil Ketua DPR RI dan Ketua Umum PKB, Cak Imin (Muhaimin Iskandar), menghadiri secara langsung acara tersebut.

Pengamat politik, Rocky Gerung menduga terdapat rancangan yang begitu sempurna untuk menjalankan acara sebesar itu.

"Saya menduga itu dirancang secara sempurna. Sesuatu yang terlalu sempurna membuat lupa pada hal-hal kecil," ujar Rocky Gerung kepada wartawan FNN, Hersubeno Arief dalam kanal YouTube Rocky Gerung Official, Kamis, 31 Maret 2022.

Rocky menilai, dana yang keluar untuk penyelenggaraan acara tersebut pun pasti sangat besar jika dilihat dari jumlah Kepala Desa atau aparat desa yang hadir.

Ahli filsafat itu mencoba untuk menghitung biaya dari acara tersebut dengan perkiraan tiap orang yang hadir dibiayai untuk akomodasi saja.

"Kalau 80 ribu sekian Kepala Desa diundang ya minimal Rp10 juta perorang udah jadi sekitar Rp800 miliar. Kalau Rp20 juta sampai Rp1.6 triliun," katanya.

Rocky mengatakan bahwa yang harus digaris bawahi adalah asal darimana dana yang digunakan untuk acara tersebut.

Ia merasa tidak mungkin jika Jokowi mengeluarkan dana sebesar itu hanya dari saku pribadinya.

Rocky menduga terdapat peran penting dari Cak Imin termasuk dana. Karena ia juga yang ingin dan menyuarakan diawal-awal untuk Jokowi 3 periode.

"Menteri Desanya dari PKB. Maka mungkin saja ada dana yang mengalir dari partai PKB. Kan gak mungkin kalau dari APBN. Atau emang ada dana-dana yang difokuskan pada acara ini," katanya.

Rocky menyinggung beberapa tokoh besar yang hadir pada acara tersebut, salah satunya kehadiran Luhut Pandjaitan.

"Juga ada Pak Luhut. Yang memang adalah Ketua Dewan Pembina Apdesi ini. Pasti Pak Luhut punya kepentingan soal ini," ujar Rocky Gerung. (Ida, sws)

294

Related Post