Dara Puti Janda, Nyi Loro Kidul bukan Setan

Oleh Ridwan Saidi

MASA jaya zona ekonomi di Andunisi abad XIII - XVI M, ketika itu masa kejayaan seni pentas Andunisi. Tarian sangat disukai karena gerakan seluruh tubuh penari menerjemah geometri alam. Karena itu penari dipuja, selain karena cantiknya. Dan banyak penari yang membawa kecantikannya ke liang lahat.

Kalau ada wanita terkenal dan tak terkait dengan power system biasanya penari. Yang dapat dipastiian Betari Durga, itu disimpulkan dari arca Betari Durga sendiri. Ia mengenakan belly dance dress.

Nyi Loro Kidul, bukan setan. Loro atau Lolo bahasa Egypt artinya cantik. Kidul bagian belakang tubuh.

Ken Dedes membuat jantung Tunggul Ametung coplok karena Pak Tunggul, kata babad, melihat kaki Ken Dedes waktu turun dari bendi. Tunggul melihat Ken Dedes dan Ken Umang menari di pentas zona ekonomi tapal kuda Jatim.

Putri Champa oleh tukang babad dijodoh-jodohkan dengan menak, kalau ada wanita terkenal bukan karena ia kawin tapi karena ia pujaan ramai.

Di Riau terkenal putri Gasib. Ini nama pentas. Gasib bahasa Egypt artinnya mungil. Di bukit Siguntang di makam Putri Rambut Salako, sepanjang punggung, ia terkenal tapi tak terkait power system. Biasanya pegiat pentas.

Di Jakarta dan sekitarnya banyak nama terkenal antara lain Kiranawati, Depok, Mayang Sari, makamnya dekat Museum MH Thamrin, Gg Kenari. Dan Dara Puti, bukan DaraH PutiH. Ia janda. Puti artinya pernah menikah. Saya tak paham apa hunbunganya lagu dangdut "O Jandaku" dengan Dara Puti. Makam Dara Puti di Pulau Panggang, kepulauan Serenbu. Panggang artinya lestari.

Penari Sunda Kalapa yang beken namanya Rantisem, wajah nan cantik, arti namanya. Lara Santang juga bermakna wanita cantik/lara. Tapi tukang babad mengkait-kaitkan almarhumah dengan power. Makamnya di Karawang di kawasan luar keramaian.

Di abad-abad itu pemusik tak terkenal, tapi penari. Penari punya kawalan khusus, dan namanya selalu dikenang orang seperti Nyai Rengganis dari Pelabuhan Ratu.

*) Budayawan

164

Related Post