Lecehkan Lawan Debat, Tokoh NU Tegur Keras Sikap Buruk Cawapres Gibran

Jakarta | FNN - Semakin banyak saja tokoh yang menyatakan kekecewaannya terhadap cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka. Putra Presiden Jokowi tersebut dicap tidak menunjukkan etika dan adab terhadap lawan debatnya pada acara debat cawapres yang digelar di Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Bahkan, sikap buruk yang dipertontonkan cawapres Gibran itu mendapat kritik langsung dari tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid atau Alissa Wahid.

Teguran keras itu dilontarkan Alissa dalam akun media sosial X-nya. Menurut Alissa, Gibran telah menunjukkan sikap melecehkan orang lain. Putri sulung presiden keempat Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu bahkan menandai (mention) langsung akun X milik Gibran.

"Menyayangkan sikap mas @gibran_tweet malam ini. Sedikit jahil berbeda dengan sikap melecehkan orang lain, dan itu yang tadi ditunjukkan mas Gibran berulang-ulang kepada kedua kandidat lain," tulis Alissa, dikutip dari cuitannya pada Minggu (21/1/2024).

Anehnya, Presiden Jokowi sebelumnya pernah mengingatkan agar debat jangan hanya jadi ajang serang personal. Peringatan Jokowi tersebut disampaikan sehari usai debat ketiga pada Senin (8/1/2024). 

Ironisnya, dalam debat selanjutnya yang diikuti oleh para calon wakil presiden, justru putra Jokowi sendiri yang malah menyerang lawannya secara personal.

Sementara itu, hasil analisis dari Drone Emprit di media sosial X juga menunjukkan Gibran menerima lebih banyak sentimen negatif dalam debat. Dalam rilisnya, Founder Drone Emprit Ismail Fahmi menunjukkan Gibran mendapat penilaian negatif 60%, positif 33%, dan netral 7%. (*)

329

Related Post