Mengapa Indonesia Tolak Timnas U-20 Israel, Ini Jawabannya

Jakarta, FNN - Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 mendatangkan persoalan baru. Bahkan mengancam nasib Indonesia sebagai tuan rumah, setelah sejumlah pihak menolak secara terang-terangan atas kedatangan  tim nasional (timnas) Israel. Seperti di ketahui salah satu negara yang lolos pada event tersebut adalah Israel.

Salah satu pihak yang menolak kedatangan timnas Israel tersebut adalah Aqsa Working Group (AWG), suatu lembaga yang mewadahi dan mengelola upaya-upaya dalam rangka perjuangan pembebasan Masjid Al-Aqsha pada khususnya dan kaum muslimin Palestina pada umumnya dari penjajahan Zionis Israel.

Pernyataan sikap AWG yang ditandatangani Presidium AWG M Anshorullah atas eencana kehadiran Timnas Israel ada Piala Dunia U-20 di Indonesia pada tahun 2023 antara lain: 

1. Penolakan Timnas Israel adalah konsekuensi Indonesia menaati konstitusi dan akan menaikkan harga diri Indonesia serta membuktikan Indonesia tidak bisa tunduk kepada kekuatan asing yang ingin memaksakan kehendaknya. Ini adalah ujian bagi komitmen anti penjajahan bangsa Indonesia sesuai konstitusi.

2. Penolakan terhadap timnas Israel bukan tiba-tiba saat mendekati waktu piala dunia. Sejak awal kabar timnas Israel akan dijamin kehadirannya di Indonesia pada Juni 2022, penolakan sudah dilakukan.

3. FIFA-lah yang harus bertanggung jawab atas kegaduhan ini. Kami menuntut mereka untuk berhenti menerapkan standar ganda.

4. Jika Timnas Israel datang, maka konsekuensinya bendera mereka akan naik dikibarkan. Lagu kebangsaan mrk akan diperdengarkan. Padahal, sebagai informasi, lirik lagu termuat seruan hanya utk bangsa Yahudi (rasis). Pada bait terakhir Hatikvah menyebutkan bahwa bangsa yahudi bercita-cita untuk merdeka di tanah mereka: Sion dan Yerusalem. Presiden Jokowi telah menentang klaim Israel bahwa Yerusalem adalah ibukota Israel

5. Timnas Israel ditolak, bukan karena salah Gubernur Bali, MUI atau ormas-ormas yang demonstrasi, Palestina dan pihak lainnya, tapi karena salah negara Israel kenapa menjajah Palestina, menjadi negara rasis, membunuh dan memenjarakan anak-anak dan wanita yang tak berdosa dan berbagai kejahatan lainnya.

6. Jangan sampai penolakan terhadap Timnas Israel membuat bangsa Indonesia bertengkar sendiri  saling menyalahkn bahkan terpecah belah 

7. Apabila itu terjadi, tujuan Israel telah berhasil. Karena bangsa Yahudi adalah bangsa yang sangat senang memecah belah kesatuan (lihat Asbabun Nuzul QS. 3:103).

Jakarta, 29 Maret 2023

Presidium AWG (M Anshorullah). (sws)

867

Related Post