Pembebasan Habib Rizieq Shihab, Akankah Petamburan Berbinar Kembali

Oleh Ady Amar Kolumnis 

Habib Rizieq Shihab menghirup udara bebas. Kabar ini, dikuatkan berbagai pose foto dan video, viral. Ada pula foto Habib Rizieq yang tampak akrab bersama petugas Balai Lapas Pemasyarakatan Kelas 1 Jakarta Pusat.

Lebih dari 2/3 masa hukuman telah ia lalui. Karenanya, ia mendapat pembebasan bersyarat. Dan, Rabu, 20 Juli, tampak ia meninggalkan lapas menuju kediaman di jalan Petamburan III.

Di rumahnya sudah berkumpul puluhan pecintanya berebut mencium memeluknya meluapkan kebahagiaan. Pecintanya seolah tak memberi kesempatan membebaskan _barang_ sehari-dua hari beliau untuk berkumpul bersama keluarganya. Seperti rasa rindu pecintanya tak mampu mengalahkan nafsu egoistis kepatutan selayaknya.

Semua dibuat menjadi biasa saja. Meminta tuk dimaklumi. Siapa yang bisa menahan rasa rindu pada pujaan hati, yang telah lama tak ditemui secara fisik. Antara haru bahagia terlihat dari ronah para pecinta yang mengerubuti habibana.

Tak ketinggalan rebana dipukul mengiringi nyanyian Thola'al Badru Alaina menyambutnya, seperti sang pecinta di Yastrib (Medina) menyambut tibanya Rasulullah saat hijrah dari Mekkah bersama para sahabatnya.

Petamburan III adalah kediaman dan sekaligus sebagai markaz dakwahnya. Rumah sekaligus tempat ia biasa mengadakan pengajian rutin. Biasa dihelat Ahad pagi. Pengajian yang diikuti ratusan jamaahnya. Saat ia ditahan, pengajian dihentikan untuk waktu sementara. Bukan tidak ada penggantinya. Karena anak menantunya juga mubaligh mengagumkan: Ustadz Muhammad Alatas dan Ustadz Hanif Alatas.

Bahkan Ustadz Muhammad Alatas saat ini didapuk sebagai Ketua Umum FPI (Front Persaudaraan Islam). Memakai inisial yang sama dengan Front Pembela Islam, yang dibubarkan pemerintah tidak lewat pengadilan. Ada kesan sewenang-wenang. Sedang Ustadz Hanif membersamai Habib Rizieq saat mendekam di penjara, yang juga dengan dakwaan mengada-ada.

Jalan Petamburan III khususnya, sejak Habib Rizieq ditahan dan markaz FPI "diobrak-abrik", suasana jalanan menjadi sepi. Menjadi berbalik dari sebelumnya, yang dipadati para santri dan jamaah dengan atribut khas baju kokoh putih berseliweran.

Dua kali mendatangi rumah Habib Rizieq bersama Prof Muhammad Baharun, yang disambut hangat menantunya Ustadz Hanif (Februari 2022) dan Ustadz Muhammad (Akhir Juni 2022). Dua menantu yang punya tabiat keramahan menawan. Padahal baru mengenalnya.

Dan, saat bersama Ustadz Muhammad itu, setelah dijamuh makan siang dengan menu nasi mandi, kami setengah dibisiki, karena memang suaranya lembut, bahwa kami (saya dan Prof Baharun) diizinkan untuk bisa silaturahim dengan Habib Rizieq siang itu juga. Padahal itu hari Kamis.

Menjadi surprise karena tidak direncanakan. Dua kali punya keinginan menemui Habib Rizieq ditahanan Bareskrim Polri. Tapi takdir tidak menjawab. Jadwal menjenguk itu hanya diberikan sepekan sekali. Jatuh pada setiap Jum'at. Tapi ternyata tidak tiap Jum'at. Dibagi juga dengan keluarga. Jadi Jum'at ini untuk keluarga, dan Jum'at berikutnya untuk para pecintanya.

Sekali saya datang ke Jakarta dengan niat menjenguk, ternyata salah jadwal. Jum'at jadwal keluarga. Mencoba datang lagi dengan koordinasi dengan salah satu pengacaranya, dan sampai waktunya tiba takdir pun belum berpihak. Habib Rizieq flu berat dan dilarang untuk dikunjungi. Padahal sudah di Jakarta. Duh... Maka "tawaran"  menjenguknya, dan itu dari Habib Rizieq sendiri, bukan di lapas tapi disalah satu rumah sakit di Jakarta. Ternyata Habib Rizieq tengah dirawat.

Sampailah takdir jumpa dengan Habib Rizieq, dan itu perjumpaan pertama saya dengannya. Disambut dengan pelukan erat meski di tangannya masih tertusuk jarum infus. Demi menyambut kami infus dilepasnya. Ahlan wa sahlan Ady Amar, sapanya dengan senyum mengembang. Tidak tampak ia sedang sakit serius. Dirawat dengan berbagai keluhan penyakit. Semoga Allah angkat semua penyakitnya. Aamiin.

Ucapan pertama yang muncul dari lisannya, adalah terima kasih atas tulisan-tulisan pembelaan atasnya. Saya memang aktif menulis semacam "pembelaan" atas ketidakadilan yang diterimanya. Sejak Habib Rizieq kembali dari "tanah pengasingan" Mekkah, sekitar 3,5 tahun, saat ditahannya dan proses pengadilan--juga pembubaran FPI dan kronik yang mengitari.

Tulisan-tulisan itu--usulan banyak kawan agar dibukukan. Kata Mas Mustofa Nahrawardaya, pegiat media sosial dan Pemred Majalah Tabligh Muhammadiyah--meski agak berlebihan, bahwa buku itu nantinya bisa jadi asset bersejarah.

Karenanya, tulisan-tulisan itu sedang proses dibukukan. Judul Tuhan Tidak Diam: Episode Gapai Keadilan Habib Rizieq Shihab.  Dengan Prolog Dr. Refly Harun, dan Epilog Dr. Ahmad Sastra. Dan tahniah banyak kawan atas buku itu: Rocky Gerung, Asyari Usman, Smith Alhadar, Tony Rosyid, Lieus Sungkarisma,  Abdul Chair Ramadhan, Mustofa Nahrawardaya, Tjahya Gunawan. Tidak lama lagi diikhtiarkan terbit, in Syaa Allah.

Ada yang "menakjubkan", bahwa saya, juga Refly Harun dan Ahmad Sastra tidak mengenal Habib Rizieq sebelumnya. Bahkan sepertinya, Ahmad Sastra sampai sekarang bisa jadi belum pernah jumpa. Saya baru jumpa saat di rumah sakit, dan Refly Harun, jumpa pertama kali dengan Habib Rizieq di PN Jakarta Timur, saat ia diminta lawyernya untuk menjadi saksi ahli. Tapi Refly Harun sudi menulis prolog lumqyan panjang, lebih kurang 8 halaman, dan Ahmad Sastra menulis epilog sekitar 10 halaman. Bisa jadi faktor frekuensi yang sama mampu menyatukan "pembelaan" atasnya. In Syaa Allah buku ini akan tersaji cukup baik, dan full colour.

Baik kita kembali ke jalan Petamburan III...

Jalan Petamburan III di siang hari, saat kunjungan itu, terpantau lengang, seperti tidak pernah ada "geger" nasional dicipta di sana mampu menyita perhatian publik luas. Pemberitaan Habib Rizieq Shihab dan FPI nya, diberitakan bukan berhari-hari, tapi berbulan tak habis. Bahkan persidangannya menyita perhatian publik luas, bahkan diliput media asing.

Jalan Petamburan III, itu cuma gang sempit. Tapi di gang sempit itu--kediaman Habib Rizieq dan Markaz FPI--peristiwa gegap gempita pernah dibuat. Dan  sejarah pastilah mampu mencatatnya dengan rapi.

Akankah jalan Petamburan III setelah "kedatangan" Habib Rizieq, itu suasana  menjadi berbinar kembali? Sepertinya akan demikian. Semua berharap akan ada catatan sejarah baru dibuat di sana. Bersabarlah menunggu. Seperti kita telah sabar menunggu pembebasannya. (*)

364

Related Post