Produk UMKM Indonesia di #ShopeeJAVAinPARIS Sukses Jadi Primadona

Batik dari salah satu UMKM lokal, Shiroshima, ikut dipamerkan di Le BHV Marais, Paris. (ANTARA/HO)

Jakarta, FNN - Gelaran #ShopeeJAVAinPARIS sukses memukau masyarakat Paris dan berhasil membuat produk hasil Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia menjadi primadona dengan total ratusan produk dijual di Le BHV Marais pada 8 Juni hingga 15 Juli 2022.

Kolaborasi antara Shopee, Pemerintah Kota Solo, KBRI Paris, serta BHV Marais ini berhasil menarik para warga dan turis mancanegara lainnya untuk bisa lebih mengenal budaya Indonesia lewat pertunjukan seni serta ratusan produk buatan Indonesia di departement store ternama yang merupakan jaringan Galeri Lafayette ini.

“Acara pameran ini sangat bagus dan menarik, dan produk-produknya mengagumkan! Saya menyukainya!”, ujar Jo seorang warga Paris yang hadir dan mengagumi pertunjukkan kebudayaan Indonesia di acara Java in Paris, dalam keterangan pers yang diterima ANTARA di Jakarta pada Sabtu.

Jo juga memuji keindahan kemeja batik Danar Hadi, jenama batik legendaris asal Solo yang ikut berpartisipasi di acara tersebut.

Motif unik yang ada pada batik, memikat perhatian Jo yang memang tertarik akan kebudayaan Indonesia.

“Java in Paris ini sangat bagus, berhasil mempresentasikan Indonesia ke mata dunia dengan berbagai pertunjukan budaya. Banyak orang juga mengapresiasi produk-produk lokal Indonesia yang tidak hanya klasik (tradisional), namun juga kekinian dan berbeda dari produk fesyen yang dijual di Eropa,” kata Jo.

Komentar serupa juga datang dari warga Prancis lainnya Joelle yang memang sengaja datang untuk menyaksikan pertunjukan musik, tari, dan produk kebudayaan tradisional Indonesia.

Joelle yang memang hobi berpelancong ke Bali, ternyata sudah sangat familiar dengan pakaian batik khas Indonesia dan tanpa ragu mengatakan kalau produk UMKM asal Indonesia yang dijual di Le BHV Marais, merupakan produk menarik dengan kualitas yang unggul.

“Saya pernah ke Indonesia, tepatnya di Bali dan sempat membeli beberapa batik Indonesia dengan motif cantik di Ubud. Hari ini, saya berasa bernostalgia kembali karena bisa melihat lagi kain-kain batik yang indah dan memiliki kualitas yang baik, dengan harga yang tidak terlalu mahal. Sejauh ini saya senang dengan produk-produk yang dipamerkan di sini, membuat saya rindu ingin kembali ke Indonesia,” kata Joelle.

Ratusan produk UMKM Indonesia kini membanjiri department store terkemuka di Paris itu.

Mulai dari jenama batik seperti Danar Hadi, batik Trusmi, batik Shiroshima, tas kulit Janédan yang mengangkat konsep ramah lingkungan, hingga jenama kopi, JJ Royal, yang berpartisipasi pada pameran tersebut menampilkan produk-produk unggulannya.

Gelaran ShopeeJAVAinPARIS ini menjadi ajang bagi para pelaku UMKM lokal untuk naik kelas dan melebarkan sayapnya ke mancanegara, serta menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk memperkenalkan warisan tradisi budaya ke panggung dunia.

Melalui acara ini, Shopee membuat Indonesia bisa menunjukkan bahwa produk UMKM lokal pun mampu bersaing secara global. (mth/Antara)

228

Related Post