Sejumlah Rumah Warga di Kali Acai Abepura Terdampak Banjir

Jayapura, FNN - Sejumlah permukiman rumah warga di sepanjang kali Acai Distrik Abepura Kota Jayapura terdampak banjir air pasang akibat cuaca ekstrem hujan sejak Kamis malam (6/1) hingga Jumat pagi.

Pantauan wartawan ANTARA di lokasi kejadian hingga Jumat, hingga pukul 08.55 WIT  dilaporkan sebagian besar warga yang rumahnya tergenang air sudah mengungsi ke tempat lain.

Air sudah setinggi kurang lebih satu meter akibat luapan kali Acai membuat beberapa keluarga yang bermukim di bantaran kali  telah mengungsi di masjid maupun rumah tetangga untuk menjaga keselamatan dari ancaman banjir.

"Kami harus mencari tempat yang lebih aman untuk melindungi keluarganya,"ungkap Saadi warga pinggiran kali Acai.

Hingga pukul 08.55 WIT situasi di sepanjang bantaran sungai kali Acai masih dipenuhi air pasang hingga memasuki rumah warga.

Lokasi lain yang juga banjir karena cuaca ekstrem hujan di kompleks perumahan Organda Padang Bulan, jalan pasar Youtefa dan sejumlah ruas jalan masih tergenang air pasang.

Sebelumnya, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano membenarkan telah terjadi longsor dan banjir di sejumlah tempat di kota Jayapura.

Bahkan dikabarkan akibat musibah longsor telah menimbulkan korban jiwa yang saat ini masih dievakuasi petugas gabungan TNI/Polri, BPBD,Satpol PP, OPD pemerintah, relawan dan SAR.

Koban Longsor

Sementara, tercatat 12 orang warga dilaporkan tertimbun longsor di sejumlah wilayah di Kota Jayapura akibat hujan deras yang melanda sejak Kamis malam (6/1). 

Data sementara yang dihimpun Antara di Jayapura, Jumat pagi  terungkap korban yang  tertimbun tersebar lokasi di Nirwana lima orang, Bhayangkara tiga orang, APO Bengkel dan Klofkam masing-masing dua. 

Dari 12 orang yang tertimbun empat orang diantaranya dilaporkan meninggal yakni dua korban di Bhayangkara dan dua lainnya dari lokasi APO Bengkel dan Klofkam masing-masing seorang

Serta lima orang sudah dievakuasi ke rumah sakit untuk dirawat akibat luka yang dialaminya yang berasal dari dua orang dari kawasan Nirwana, dan seorang lainnya masing masing dari APO Bengkel, Klofkam dan Bhayangkara. 

Tiga korban lainnya yang tertimbun yakni di kawasan Nirwana masih dalam proses evakuasi.

Kasat Pol PP  Kota Jayapura Muchsin Nengkeula kepada Antara mengaku belum terdata seluruhnya karena masih fokus melakukan evakuasi terhadap para korban termasuk korban banjir. 

"Memang ada laporan korban meninggal namun berapa yang pasti belum diketahui karena masih dilakukan pendataan dan proses  evakuasi," kata Muchsin. (mth)   

278

Related Post