Anies Kembali Menjadi Pemenang Debat Capres 2024 Versi Netizen

Tiga kandidat capres hadi dalam debat ketiga capres - cawapres (7/1)

Jakarta, FNN -  Debat ketiga capres – cawapres 2024 telah berlangsung tadi malam (7/1). Ini menjadi acara yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh rakyat Indonesia, termasuk para netizen. Bahkan, netizen selalu memberikan penilaian langsung terhadap jalannya debat dan performance masing-masing kandidat melalui akun media sosialnya.

Penilain juga banyak dilakukan oleh para pengamat dan ahli politik. Di antaranya Rustika Herlambang, Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, yang menyaksikan secara live jalannya debat dalam kanal You Tube Liputan6 live (7/1). Usai acara debat capres, ketika ditanya soal siapa pemenang debat ketiga capres-cawapres, jawabannya adalah Anies Baswedan.

“Ini kemenangan versi netizen,” kata Rustika.

Menurut Rustika, netizen menilai Anies menang karena dia dianggap paling menguasai panggung dan paling menguasai data, meski kita/netizen tidak tahu manakah data yang benar. Selain itu, netizen juga menilai secara performance Anies paling bagus, dia menyerang kemudian serangannya membuat orang yang diserang keder.

Serangan tersebut terlihat dari ekspresi yang ditunjukkan oleh Anies hingga tampak sepertinya niatan untuk menyerang langsung diluncurkan sejak awal.

“Sepertinya serangan itu memang sudah direncanakan awal oleh tim Anies. Dan ternyata serangan itu betul-betul dimunculkan saat debat, sejak awal sampai akhir,” ujar Rustika.

Bahkan, lanjut Rustika, Ganjar yang semula tidak menyerang secara langsung pun, akhirnya ikut-ikutan menyerang di sesi terakhir hingga membuat suasana debat sangat dinamis.

Menurut Rustika, panggung debat menjadi sesuatu yang sangat penting,  terutama bagi netizen, karena netizen bisa melihat  secara langsung performance ketiga kandidat. Netizen bisa melihat bagaimana respons para kandidat ketika harus berhadapan langsung, ketika mereka menghadapi masalah, dan ketika mereka menghadapi situasi terjepit.

“Akhirnya, netizen tidak hanya fokus pada kata-kata yang disampaikan pada narasi, tapi juga pada gestur tubuh dan bahkan ekspresinya,” ujat Rustika.

Netizen juga sangat antusias memperhatikan apa yang disampaikan para kandidat hingga di antaranya menjadi salah satu trending topik, seperti kata “omon-omon” yang diucapkan kandidat capres nomor 2 Prabowo Subianto kepada kandidat nomor Anies Baswedan.(ida)

 

891

Related Post