Dilepas Wali Kota Tangsel, Wartawan FNN Lakukan Perjalanan Ke Mekkah Dengan Mengayuh Sepeda

Jakarta, FNN - Wartawan senior FNN (Forum News Network), Tjahja Gunawan Diredja memulai perjalanan ke Mekkah dengan mengayuh sepeda (gowes). Pelepasan dilakukan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel),

Benyamin Davnie, di halaman Masjid Masjid Asy-Syarif Al Azhar Bumi Serpong Damai (BSD), Sabtu pagi, 11 Desember 2021.

Sejumlah jamaah yang tergabung dalam Forum Masjid dan Mushola Bumi Serpong Damai (FMMB) ikut hadir dalam acara pelepasan tersebut.

Acaranya dirangkai mulaj dari shalat Subuh berjamaah, kemudian ceramah agama yang disampaikan Ustaz

Andian Parlindungan. Setelah sarapan pagi, kemudian acara pelepasan.

Sejumlah pesepeda, di antaranya Jusman Dalle (wartawan FNN) mengiringi Tjahja Gunawan dari belakang. Djusman dan beberapa pesepeda mengantarkan sampai daerah Pagedangan, Kabupaten Tangerang atau sekitar 10 Km dari acara pelepasan. Sebagian pesepeda menghantarkan sampai Kota Serang. Tidak ketinggalan, Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) juga mengawal dengan beberapa mobil.

Perjalanan melalui rute Kota Tangsel melintasi Kabupaten Tangerang, kemudian menuju Kota Serang. Di Ibu Kota Propinsi Banten itu, Tjahja yang biasa dipanggil TG atau Kang Tjahja akan singgah, sebelum melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Merak.

Dari Pelabuhan Merak, TG yang gowes bersama Fuad, dari Kalimantan Timur, naik kapal laut menuju Lampung. Mereka akan mengayuh sepeda di hampir sepanjang Pulau Sumatera, dan kemudian menyeberang ke Singapura.

Perjalanan menuju Mekkah diperkirakan memakan waktu sekitar enam bulan, setelah melewati beberapa negara. Keduanya akan sampai di Tanah Suci pada saat saat bulan Haji atau Dhulhijjah tahun 1444 Hijriyah/tahun 2022 depan.

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie dalam sambutannya mendo'akan kedua pesepeda tersebut agar sehat dan selamat sampai tujuan hingga kembali ke tanah air. Ia juga memohon doa dari keduanya supaya Kota Tangsel segera bebas dari Coronaviris Disease 2019 (Covid-19). "Do'a orang musafir (orang yang melakukan perjalanan) cepat diterima Allah," katanya.

Pemimpin Redaksi FNN, Mangarahon Dongoran mengatakan, tekad Tjahja Gunawan bersepepeda menuju Tanah Suci luar biasa. Keinginannya itu sudah lama diucapkan di kalangan jajaran FNN.

Keseriusan dan tekadnya itu dibuktikan dengan jelajah Jawa Barat menggunakan sepeda. Rute yang dilewati, Kota Tangsel, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Bandung, Cimahi, Cianjur, Puncak dan Bogor.

Tidak hanya itu. Karena tekad yang sudah bulat, saat FNN TV berencana mewawancarai sejarawan Universitas Padjadjaran (Unpad), Prof. Mansur Suryanegara, pada September 2021 yang lalu, Tjahja pun mengajukan agenda agar mewawancarai Abah Landung (96), yang bersepeda naik haji di usia 75 tahun. (Hasil wawancara Tjahja dengan Abah Landung bisa ditonton di FNN TV Channel Youtube.

"Tjahja adalah wartawan senior FNN. Sebelum bergabung di FNN, dia wartawan yang biasa meliput bidang ekonomi. Kami sempat sama-sama menjadi wartawan Istana Kepresiden," kata Dongoran.

Ia produktif menulis buku biografi. Salah satu karyanya adalah, "Chairul Tanjung Si Anak Singkong."

Buku tersebut menceritakan kisah sukses konglomerat peringkat kelima orang terkaya di Indonesia versi Forbes itu. Berdasarkan laporan yang dikeluarkan media bisnis dan finansial terkemuka dunia pada awal April 2021, total kekayaan CT, panggilan akrab Chairul Tanjung, sekitar 4,8 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 6,9 triliun. (Muhammad Anwar Ibrahim/FNN).

1771

Related Post