Keagungan Al-Qur'an

Oleh Muhammad Chirzin - Guru Besar UIN Jogjakarta 

Karakter Al-Quran

1.Alif lam mim shad. 2. Inilah kitab yang diturunkan kepadamu, janganlah engkau sesak dada karenanya untuk memberi peringatan dengan itu, dan memberi pelajaran kepada orang beriman. 3. Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu, dan jangan ikuti yang selain Dia. Sedikit sekali pelajaran kamu ingat. (QS Al-Araf/7:1-3)

Ta Ha. Kami tidak menurunkan Al-Quran kepadamu supaya kamu menderita. Tetapi sebagai peringatan bagi mereka yang takut kepada Allah. Suatu wahyu yang dari Dia Yang telah menciptakan bumi dan langit yang tinggi. Allah Maha Pemurah. Yang tegak kukuh di atas 'arsy — singgasana kekuasaan. Kepunyaan-Nya segala yang ada di langit, segala yang di bumi, dan yang di antara keduanya, dan yang di bawah tanah. Jika kau berkata nyaring, bukan soal, sebab Dia mengetahui rahasia dan yang lebih tersembunyi. Allah, tiada Tuhan selain Dia. Kepunyaan-Nya al-asma`ul husna - nama-nama yang indah. (QS Thaha/20:1-8).

Katakanlah: Sekiranya lautan tinta untuk menuliskan kata-kata Tuhanku, pasti habis sebelum habis kata-kata Tuhanku, sekalipun Kami tambahkan tinta sebanyak itu." (QS Al-Kahfi/18:109)

Al-Quran adalah jamuan Tuhan. Rugilah orang yang tidak menghadiri jamuan-Nya, dan lebih rugi lagi yang hadir tetapi tidak menyantapnya. (Hadis).

Ayat-ayat Al-Quran bagaikan intan: setiap sudutnya memancarkan cahaya yang berbeda dari apa yang terpancar dari sudut-sudut lain. Dan tidak mustahil, jika Anda mempersilakan orang lain memandangnya, ia akan melihat lebih banyak ketimbang apa yang Anda lihat (Abdullah Darraz). 

Al-Quran adalah pengantin wanita yang menyembunyikan wajahnya. Bila engkau membuka cadarnya dan tidak mendapatkan kebahagiaan, itu karena caramu membuka cadar telah menipu dirimu sendiri. Apabila engkau mencari kebaikan darinya, ia akan menunjukkan wajahnya, tanpa perlu kaubuka cadarnya. (Jalaluddin Rumi).

Al-Quran adalah jaring untuk menangkap jiwa manusia. Seperti ikan, manusia berenang dari satu tempat ke tempat lain, dan Tuhan memasang jaring ke dalam mana manusia terjerat, demi kebahagiaannya sendiri.” (Fritjof Schuon). 

“Jika Anda ingin berbicara dengan Allah, berdoalah, dan jika Anda ingin Allah berbicara dengan Anda, bacalah Al-Quran.” (M. Quraish Shihab).

Tak seorang pun tahu rahasia

Hingga seorang mukmin

Ia tampak sebagai pembaca

Namun Kitab itu ialah dirinya sendiri. (Mohammad Iqbal)

Baca!

1.Bacalah dengan nama Tuhanmu dan Pemeliharamu Yang menciptakan, 2. Menciptakan manusia dari segumpal darah beku. 3. Bacalah, dan Tuhanmu Maha Pemurah, 4. Yang mengajarkan kepada manusia menggunakan pena, 5. Mengajar manusia apa yang tak ia ketahui. (QS Al-Alaq/96:1-5)

Pembukaan Al-Quran

1.Dengan nama Allah, Maha Pemurah, Maha Penyayang. 2. Segala puji bagi Allah, Maha Pemelihara semesta alam. 3. Maha Pemurah, Maha Penyayang. 4. Penguasa Hari Perhitungan. 5. Hanya Engkau yang kami sembah, dan hanya kepada Engkau kami mohon pertolongan. 6. Tunjukilah kami jalan yang lurus, 7.  Jalan orang-orang yang telah Engkau beri segala kenikmatan; bukan jalan mereka yang mendapat murka, dan bukan mereka yang sesat jalan. (QS Al-Fathiha/1:1-7)

Petunjuk Tuhan

1. Alif lam mim. 2. Inilah Kitab yang tidak diragukan; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, 3. Mereka yang beriman kepada yang ghaib, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami karuniakan. 4. dan mereka yang beriman pada wahyu yang disampaikan kepadamu dan yang telah disampaikan sebelum kamu, serta dalam hati yakin akan akhirat. 5. Merekalah yang mendapat petunjuk Tuhan, dan mereka yang akan berhasil. (QS Al-Baqarah/2:1-5)

Takwa

Hai umat manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan menciptakan pasangannya; dan dari keduanya Ia  memperkembangbiakkan sebanyak-banyaknya laki-laki dan perempuan. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu meminta, dan hormatilah rahim. Allah selalu menjagamu. (QS An-Nisa`/4:1)

Kisah

1.Alif, lam, ra`. Inilah ayat-ayat Kitab yang jelas 2. Kami menurunkan Al-Quran dalam bahasa Arab, supaya kamu dapat mengerti. 3. Kami ceritakan kepadamu kisah-kisah yang indah dengan Al-Quran ini, meskipun sebelumnya termasuk mereka yang tidak tahu. (QS Yusuf/12:1-3)

Tugas Rasul

1. Alif lam ra`. Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya kau mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya dengan izin Tuhan, menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa, Maha Terpuji. 2. Allah Yang memiliki segala yang di langit dan di bumi. Celakalah orang kafir dari azab yang mengerikan. (QS Ibrahim/14:1-2)

Allah SWT 

Allah. Tidak ada Tuhan selain Dia Yang Hidup, Yang berdiri Sendiri, Abadi; tak mengantuk, tak pernah tidur. Milik-Nyalah segala yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi perantaraan di hadapan Allah tanpa izin-Nya? Ia tahu segala yang di depan, dan di belakang mereka; mereka tak mampu sedikit pun menguasai ilmu-Nya, kecuali yang dikehendaki-Nya. Singgasana-Nya meliputi langit dan bumi. Dan tidak merasa berat Ia menjaga dan melihara keduanya. Ia Maha Tinggi, Maha Besar. (QS Al-Baqarah/2:255)

Alam Semesta

Sungguh pada penciptaan langit dan bumi, pergantian malam dan siang, pelayaran kapal-kapal di lautan dengan segala yang berguna bagi manusia, pada hujan yang diturunkan Allah dari langit, serta dihidupkan-Nya bumi sesudah mati, pada binatang-binatang dari segala jenis yang ditebarkan-Nya di seluruh bumi, pada perkisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi;- sungguh semua itu tanda-tanda bagi kaum yang mengerti. (QS Al-Baqarah/2:164)

Karakter Manusia

Sungguh manusia diciptakan serba gelisah

Bila ditimpa bahaya berkeluh kesah

Bila kekayaan yang diterimanya kikir

Kecuali orang yang tekun mengerjakan shalat

Mereka yang tetap setia mengerjakan shalat

Mereka yang dalam harta kekayaannya ada hak yang sudah ditentukan

Untuk orang miskin yang meminta dan yang tak mau meminta

Dan mereka yang membenarkan hari pembalasan

Dan mereka yang takut pada azab Tuhan.

(QS Al-Maarij/70:19-27) (*)

832

Related Post