Masjid Tertua di Jakarta Arkaeologi Jakarta (I)

(Mihrab mesjid di Kali Besar timur, photo RS)

Oleh Ridwan Saidi Budayawan 

DALAM peta Jacatra 1618 di daerah Kali Besar timur dekat Gudang Lada ada messigiet (mesjid). 10 tahun lalu di lokasi masih ada minaret berbentuk spiral seperti minaret Babylon, ada tangga batu untuk azan, dan ada mihrab.

Seperti halnya mesjid "Pecinan" di Banten unsur-unsur bangunan mesjid: mihrab, plaza untuk jamaah, dan minaret. Tidak ada keterangan time line mesjid "Pecinan".

Kalau mesjid ini didirikan Banten Girang, niscayalah abad XIII. 

Mesjid di Kali Besar timur itu lokasinya termasuk Majakatera, posisinya sebrang selatan Menara Syahbandar.

Di Majakatera sebelah barat dekat Jl Kakap ada sumur Mandi Rancan, mandi bersih. Mandi Rancan ada dalam laporan Bujangga Manik XIV M. Sangat mungkin Mandi Rancan tempat wudhu. Jaraknya dengan mesjid sekitar 100  meter saja. Time line

berdiri mesjid Majakatera dengan mesjid "Pecinan"  berdekatan sekitar  abad XIII.

Sampai dengan XIII M di Jakarta belum ada mesjid dengan bangunan induk.

Di kampung Daleman ada mesjid juga. Kalau pembangunan medjid itu bersamaan dengan Kota  Inten berarti setidaknya tahun 1540 mesjid itu sudah ada.

Di kampung Kebon Pisang dekat Jl Cengkeh juga ada mesjid. Kebon Pisang kampung tua, tapi tidak mudah juga mengetahui time line berdirinya mesjid tersebut.

Mesjid di Jakarta berdiri abad XIII dapat dipertanggung jawabkan secara historiografis. Tapi kita tak dapat buat 

simpulan terbalik bahwa sebelum XIII M di Jakarta belum ada mesjid. Apalagi  Mualim Teko abad X M sudah menulis kitab tuntunan sembayang. (RSaidi)

243

Related Post