Para Pencipta Kerajaan Khayal

Oleh Ridwan Saidi

Prof. DR Raden Mas Ngabehi Purbotjaroko, 1884-1964 berpendidikan Belanda (foto kiri). Beliau penemu kerajaan Tarumanagara IV M dalam khayalnya. Ia telah salah menerjemahkan dua prasasti: Ciaruteun dan Batu Tumbuh, Priyuk. Arkaeolog menyebut prasasti Tugu. Mereka salah lokasi.

George Coedes bapak pendiri Sriwijaya VII M. Lahir di Paris 10 Agustus 1886. Hampir sepantaran dengan Raden Purbocaroko.

Coedes lahir dari pasutri berdarah Yahudi-Hongaria. Ia dianggap ahli purbakala. Aslinya ia kepala perpustakaan di Paris. Dia ragu ketika disuruh Belanda ciptakan kerajaan Sriwijaya. Akhirnya tercipta istilah kedatuan, dari kata datu atau dato. Ini kuasa adat . Muncullah kedatuan Sriwijaya.

Kata Coedes Sri Wijaya di Palembang dibikin orang India dan berkuasa di Sumatera, Malaysia, dan Jawa. Orang-orang India juga sebar Budha.

Catatan:

1. Migrasi perlu biaya dan cost, juga sebar agama. Apalagi bikin kerajaan,. ekonomi orang India di India tak mendukung saat itu. Baru pada XIX/XX M orang India di Medan yang disebut KELING bekerja di perkebunan, dan di JAKARTA mereka disebut BOMBAY, dan buka Toko Bombay di Pasar Baru. Ringkasnya

COEDES berkhayal.

India muslim sudah datang Andunisi pada XI M, mereka dari Malabar dan disini disebut Koja, artinya kaya. Wanita kaya asal Koja Fatimah binti Maimun. Makamnya di Gresik. Wafat XI M .

Ulama asal Koja ahli berdebat Ustadz Ahmad Hassan, 1887-1958. Ia guru M. Natsir dan.mitra polemik Ir Soekarno.

*) Budayawan

176

Related Post