Persis Solo Terima Dana Sponsor dari Wilmar?

Dua putra Presiden Jokowi dalam lingkaran dugaan korupsi. (Foto: portal-islam.id)

Jakarta, FNN – Setelah ramai diberitakan bahwa salah satu sponsor Persis 0Solo terlibat korupsi minyak goreng, Persis Solo memutuskan mengakhiri kerja sama dengan perusahaan sawit Wilmar.

Hal itu merespons kasus minyak goreng yang menyeret Komisaris Utama PT Wilmar Nabati Indonesia, Master Parulian Tumanggor.

“Persis (Solo) memahami isu yang sedang berkembang di masyarakat dalam beberapa hari terakhir tentang Wilmar. Kami turut menyesalkan atas adanya kejadian tersebut,” kata Persis Solo, Kamis, 21 April 2022.

Persis Solo merupakan salah satu tim yang promosi ke Liga 1 musim depan. Tim berjuluk Laskar Sambernyawa itu merupakan juara Liga 2 musim 2021-2022. Selain Persis, dua tim yang promosi ke Liga 1 ialah Rans Cilegon FC dan Dewa United.

Terbongkarnya kasus dugaan korupsi ekspor minyak goreng ikut merembet ke berbagai pihak. Salah satunya adalah klub sepak bola Perisis Solo. Pasalnya klub milik Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo itu disponsori oleh PT Wilmar Nabati Indonesia, salah satu anak perusahaan Wilmar Group.

Kerja sama klub milik putra bungsu Presiden Jokowi itu terjalin sejak klub sepak bola yang bermarkas di Stadion Manahan itu masih berlaga di Liga 2. Musim ini Persis Solo bakal bertarung di Liga 1.

Pada jersey Persis Solo terpampang logo Wilmar bersama dengan sponsor lain seperti Free Fire, Bank Aladin Syariah, dan Gurih.

Dalam keterangannya pada Oktober 2021, Country Head Wilmar International Ltd untuk Indonesia, Darwin Indigo, mengakui pihaknya menjadi sponsor Persis Solo.

Darwin menambahkan, sepak bola merupakan olahraga yang sangat dekat dengan masyarakat di Indonesia. Hal ini, sesuai dengan produk-produk yang di hasilkan Wilmar Group seperti minyak goreng, beras, dan lainnya yang juga dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Lebih lanjut, manajemen Persis menyatakan kontrak dengan Wilmar merupakan bentuk kerja sama profesional. Kerja sama mereka didasari untuk pengembangan sepak bola yang lebih berprestasi di Kota Solo.

Menurut manajemen Persis, dalam perjanjian tidak ikut campur atau terlibat dalam sistem kerja (manajerial) perusahaan masing-masing, kecuali dalam konteks lingkup kerja sama sebagai sponsorship Persis di Liga 2 2021.

Direktur Utama Persis Solo Kaesang Pangarep mengatakan pihaknya bangga Wilmar bisa menjadi bagian dari sponsor Persis Solo musim ini. Sebab, Wilmar merupakan perusahaan yang sudah memiliki prestasi level internasional.

Persis, kata Kaesang, ingin jika kerja sama itu untuk jangka panjang, tidak hanya ingin satu kompetisi saja karena antara Persis dengan Wilmar memiliki banyak kesamaan.

Sebelumnya Presiden Jokowi merespons adanya penetapan tersangka kasus dugaan ekspor korupsi minyak sawit mentah oleh Kejaksaan Agung. Jokowi meminta agar kejaksaan bisa mengusut secara tuntas.

“Terkait dengan penyidikan oleh Kejaksaan Agung atas kasus minyak goreng, saya meminta agar aparat hukum bisa mengusut permainan para mafia minyak goreng ini sampai tuntas,” tulis Presiden Jokowi dalam cuitan pada akun media sosial Twitter pribadinya (@Jokowi), Rabu (20/4).

Kepala negara juga menyesalkan masih ditemukan harga minyak goreng yang jauh lebih tinggi dari harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan Pemerintah. Dia menduga, memang ada permainan mafia minyak goreng.

Kanal Hersubeno Point, Sabtu (23/4/2022), wartawan senior FNN Hersubeno Arief mengungkap, sponsor Persis Solo tidak hanya Wilmar saja.

Free Fire, salah satu game online terpopuler di Indonesia juga menjadi sponsor Persis Solo. Free Fire ini memang sedang menjadi game online yang dimainkan oleh masyarakat milenial dan kini resmi menjadi partner Persis Solo.

Persis Solo mendapatkan tawaran kerja sama melimpah jelang peluncuran tim dan jersey pekan depan. Terhitung 14 perusahaan mendukung Persis musim ini.

Perubahan manajemen pada musim ini telah menjadi pemantik bergabungnya perusahaan-perusahaan besar ke Persis. Keberadaan Kaesang Pangarep bak magnet yang mendorong Persis memiliki finansial berlimpah.

Nilai pasar skuad Persis bahkan menyentuh Rp 43,89 miliar, lebih besar dari beberapa klub Liga 1 merujuk Transfermarkt. Komisaris Utama PT Persis Solo Saestu, Kevin Nugroho, mengatakan Persis Solo sampai kewalahan menerima tawaran kerja sama dari perusahaan pada musim ini.

Terakhir, perusahaan agribisnis internasional asal Singapura, Wilmar, turut mengucurkan koceknya untuk Laskar Sambernyawa. Wilmar disebut menjadi salah satu sponsor utama Persis musim ini.

Wilmar adalah salah satu perusahaan terbesar menurut kapitalisasi pasar Bursa Efek Singapura. Aktivitasnya meliputi bisbis perkebunan kelapa sawit, penyulingan minyak masakan, hingga pemrosesan gandum.

“Yang jelas [Wilmar] menjadi salah satu sponsor utama,” ujar Media Officer Persis, Bryan Barcelona, kepada Solopos.com, Jumat (17/9/2021).

Sebelumnya dalam pramusim, deretan brand muncul di jersey Persis. Brand lainnya yang tercatat sebagai sponsor Persis Solo adalah Aladin, sebuah bank syariah yang di dalamnya terdapat nama Anthony Pradiptya.

Anthony merupakan partner dari Kaesang, putra bungsu Presiden Jokowi, di bisnis GK Hebat, perusahaan induk yang berkantor di Generali Tower, Jakarta Selatan, yang membawahi sejumlah bisnis seperti Sang Pisang, Yang Ayam, Ternakopi, Siap Mas, Let's Toast, dan Enigma Camp.

GK Hebat juga menjalin kemitraan bisnis dengan para pelaku UMKM. Anak muda berusia 35 tahun ini adalah putra Gandi Sulistiyanto, mantan Managing Director Sinarmas Grup yang kini menjabat Dubes Korea Selatan.

Bersama Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming, Anthony dilaporkan oleh dosen Universitas Negeri Jakarta Ubaidillah Badrun ke KPK terkait pencucian uang hampir Rp 100 miliar.

Tampaknya, supaya kasus mafia minyak goreng yang melibatkan Wilmar ini tidak sampai ke Persis Solo, makanya Kaesang memutus kerjasama. (mth)

498

Related Post