Taliban Rebut Jalalabad Tanpa Perlawanan, 84 Tentara Afghanistan Ditahan

Kabul, FNN - Pasukan Taliban mengambil alih kendali Jalalabad, kota kunci Afghanistan di wilayah Timur Afghanistan, tanpa perlawanan.

Menurut keterangan pejabat setempat, pada Ahad (15/8) pagi, mereka mengamankan jalan-jalan yang terhubung dari Afghanistan ke Pakistan

“Tidak ada pertikaian dalam merebut tempat itu saat ini di Jalalabad karena pemerintah sendiri sudah menyerah kepada Taliban,” kata pejabat Afghanistan yang berbasis di Jalalabad kepada Reuters.

“Memberi jalan kepada Taliban adalah satu-satunya cara untuk menyelamatkan nyawa warga sipil,” kata pejabat yang tidak mau disebutkan namanya itu.

Pejabat keamanan wilayah Barat juga telah memastikan jatuhnya kota tersebut, salah satu kota pinggiran Kabul yang masih berada di bawah kendali pemerintah.

Tentara Afghanistan Ditahan

Dalam perkembangan lainnya dilaporkan Uzbekistan telah menahan 84 tentara Afghanistan yang melintasi perbatasan pada Sabtu, 14 Agustus 2021.

Menurut keterangan pemerintah Uzbekistan, sekelompok tentara lain telah berkumpul di dekat pos pemeriksaan perbatasan di sebelah wilayah Afghanistan.

Prajurit Afghanistan melintasi perbatasan ke Uzbekistan dan Tajikistan bulan lalu ketika mereka mundur dari serangan gerilyawan Taliban, yang berhasil merebut sejumlah wilayah penting dalam beberapa hari terakhir kecuali ibu kota Kabul.

Kementerian luar negeri Uzbekistan mengatakan, dalam sebuah pernyataan, mengatakan, kelompok pertama yang terdiri dari 84 tentara Afghanistan tidak berusaha melawan ketika ditangkap penjaga perbatasan Uzbekistan, namun mencari bantuan medis.

Pemerintah Uzbekistan juga memberikan bantuan kemanusiaan kepada sekelompok tentara Afghanistan yang telah berkumpul di sisi jembatan Termez-Khairaton Afghanistan. Jembatan itu menjadi penghubung kedua negara yang dapat dilintasi oleh mobil dan kereta api.

Uzbekistan sedang dalam pembicaraan dengan Kabul untuk memulangkan pasukan Afghanistan dan menyelesaikan situasi di jembatan Termez-Khairaton. (MD)

227

Related Post