Umat Islam Menyambut Antusias Nuzulul Qur'an

Jakarta, FNN - Dalam rangka menyambut malam Nuzulul Quran, umat Islam Indonesia dari berbagai kalangan menyambut dengan riang gembira.  

Malam Nuzulul Qur'an merupakan malam diturunkannya ayat-ayat Al-Qur'an kepada Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Untuk ramadan tahun 1443 H ini, peringatan Nuzulul Quran jatuh pada 18 April 2022.

Tokoh agama Ustadz Bachtiar Nasir atau biasa dipanggil UBN, mengajak umat Uslam untuk terus membaca Al-Qur'an dan berpuas-puas dengan Al-Qur’an.

Sebab, kata dia, siapa saja yang berniat membaca Al-Qur’an dan mengkhatamkannya, meskipun pada akhirnya tidak sampai khatam ia telah mendapatkan pahala. 

“Yang penting kamu tunaikan janjimu,” kata UBN pada puncak Khatam Qur'an, di Jakarta, Senin (18/4/2022). 

Puncak khatam Qur'an

Pada acara ini sekitar 100.000 umat Islam mengikuti puncak khatam Qur’an. Ini merupakan momentum sangat spesial karena mereka secara bersama-sama mengikuti program Khatam Qur’an yang digelar UBN Podcast dan Tabung Infak. 

Acara yang digelar secara hybrid itu dipusatkan di AQL Islamic Center, Tebet, Jakarta Selatan. Acara ini disiarkan secara multimedia dan diikuti peserta yang berkumpul di lebih dari 200 titik dari wilayah Indonesia barat hingga Fak-Fak, Papua Barat. Sedangkan dari luar negeri peserta berkumpul mengikuti Khatam Qur’an secara virtual dari Turki, Amerika Serikat, Malaysia, Brunei Darussalam, Hongkong, Selandia Baru, Singapura dan Inggris.  

Acara Khatam Qur’an ditandai dengan pembacaan 13 surat terakhir dalam Al-Qur’an yang dibacakan oleh Ustaz Deden Muhammad Makhyaruddin, MA. Dimulai dengan Surat At-Takaatsur, diakhiri dengan Surat An-Naas. 

Di tempat terpisah, Ketua DPR-RI Puan Maharani meyakini peringatan Nuzulul Quran (17 Ramadhan) bisa menjadi spirit bagi umat muslim untuk bekerja dan berdedikasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

"Al-Qur'an sudah menjadi sumber inspirasi dan menjadi pedoman mulia dalam membawa kemajuan kehidupan manusia di muka bumi," kata Puan di Jakarta, Senin, 18 April 2022.

Bahkan, kata Puan, setelah ratusan abad sejak pertama kali turun ke bumi, ayat Al-Qur'an isinya tetap masih relevan bagi umat manusia. Di kalangan ulama dan para akademisi, Al-Qur'an bahkan telah menjadi sumber inspirasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Meski kehidupan manusia saat ini sudah memasuki era digitalisasi, Al-Qur'an tetap sangat relevan menjadi ajaran, sumber moral, dan inspirasi," kata Puan.

Puan mengatakan peringatan Nuzulul Quran mengingatkannya pada tradisi sang Proklamator Soekano (Bung Karno) saat menjadi presiden. Bung Karno disebut rutin menggelar peringatan Nuzulul Quran di istana, atas nasihat para ulama, sebagai rasa syukur atas anugerah Kemerdekaan Indonesia.

Sementara itu, peringatan Nuzulul Qur'an tingkat kenegaraan pada 1443 H dilaksanakan hari Selasa jam 8 malam, 19 April 2022. Bertempat di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag RI Jl. MH Thamrin No 8 Jakarta. 

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi akan memberikan amanat. Sedangkan sambutan akan disampaikan Menteri Agama Yaqult Cholil Quomas. 

Di Kota Jakarta, Gubernur DKI Anies Baswedan dalam tayangan video yang beredar di medsos menyebutkan Pemprov DKI bekerjasama dengan Baznas DKI Jakarta akan menggelar Gerakan Cinta Qur'an yang akan dibaca secara serentak di berbagai tempat di Ibu Kota Jakarta pada jam 10, hari Rabu 20 April 2022.  Sedangkan surah yang akan dibaca adalah Al-Quran Fatihah dan Ar-Rahman. (TG)

392

Related Post