Kabar Duka, Lily Wahid Meninggal Dunia

Lily Wahid. (Foto: Antara)

Jakarta, FNN – Lily Chodidjah Wahid, adik kandung Presiden Abdurrahman Wahid, meninggal dunia, Senin (9/5/2022). Kabar tersebut disampaikan oleh keponakan Lily Wahid, Firry Wahid.

“Innalillahi Wa Inna Illaihi Rojiun. Telah meninggal dunia, Ibu Lily Chadijah Wahid binti KH Abdul Wahid Hasyim hari ini Senin, 9 Mei 2022, pukul 16.25,” kata Firry, Senin (9/5/2022).

Jenazah Lily Wahid rencana akan dimakamkan di Ponpes Tebuireng Jombang. “Rencana perjalanan akan diinfokan,” ujar Firry.

Lily merupakan adik kandung dari Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur. Lily Wahid lahir di Jombang, Jawa Timur pada 4 Maret 1948 (74 tahun).

Sejak usia remaja Lily sudah akrab dengan dunia politik. Pada usia 19 tahun, Lily sempat dicalonkan menjadi anggota DPR. 

Namun hal itu tidak terealisasikan lantaran ia beranggapan kala itu sudah banyak anggota keluarganya yang menjadi calon legislatif.

Meski demikian, nama Lily baru dikenal publik secara luas ketika mendukung kepengurusan PKB hasil Muktamar Ancol awal 2008. Pada Muktamar tersebut, Muhaimin Iskandar didapuk menjadi Ketua Umum.

Lantaran mendukung Imin, Lily Wahid secara otomatis berseberangan dengan sang kakak, yakni Gus Dur. Ketika kepengurusan PKB Cak Imin disahkan, Lily diangkat menjadi Wakil Ketua Dewan Syuro DPP PKB.

Nama Lily semakin dikenal ketika menjadi inisiator pembentukan Tim Sembilan untuk mengusut skandal Bank Century. Kala itu dia duduk di Komisi I DPR RI Fraksi PKB.

Bersama politisi perempuan dari partai lain, tim ini menggagas usulan penggunaan hak angket DPR untuk mengusut kasus pengucuran dana Rp 6,7 triliun ke Bank Century.

Gara-gara terlalu kritis menentang kenaikan BBM dan mendukung Panitia Khusus Hak Angket Bank Century, Lily diberhentikan dari partainya. Setelah dipecat dari PKB, Lily Wahid pindah ke Partai Hanura. (mth)                                                        

 

303

Related Post