Pengamat Politik Eep Saifulloh Sebut Tingkat Kecerdasan Politik Anies Baswedan Di Atas Rata-Rata

Acara bedah buku, "Anies Baswedan, Gagasan, Narasi dan Karya," di Jakarta, Jumat malam. (Foto: M.Anwar Ibrahim/FNN).

Jakarta, FNN - Tingkat kecerdasan politik Anies Baswedan berada di atas rata-rata. Oleh karena itu, wajar jika banyak yang berharap kepada Gubernur DKI Jakarta itu. Para penggemarnya diminta jangan pernah menjadi suporter, tetapi jadilah voter atau pemilih bagi Anies dalam Pilpres 2024.

Hal tersebut dikatakan pengamat politik, Eep Saefulloh Fatah dalam acara bedah buku, "Anies, Gagasan, Narasi dan Karya, di Masjid Baturrahman, Jalan Dr. Sahardjo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumaf, 14 Oktober 2022 malam. Acara tersebut diselenģgarakan Forum Umat Islam (FUI).

Menurur Eep, tingkat kecerdasan politik mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud)  itu tidak  diragukan lagii. Dia mengatakan, kecerdasan politik itu bermain pada tiga wilayah. Pertama,  kecerdasan politik dalam membangun kesadaran. Kedua, membangun kekuatan. Ketiga, kemampuan dalam  mendistribusikan kesempatan.

Tiga wilayah tersebut dimiliki Anies Baswedan yang menjadi bakal Calon Presiden (Capres) 2024 Partai Nasdem.  Apalagi, Anies mempunyai pengetahun, punya empati dan punya kemampuan mengaktivasi dirinya.

"Saya lihat sejak awal Anies punya itu. Apalagi ia seorang cucu tokoh nasional yang menjadi salah satu good father dalam sejarah pembangunan nasional. Interaksi  intens yang dilakukan Anies  menghasilkan banyak hal, termaksud kesadaran empati dan dorongan untuk aktif.  Itulah yang dipelihara terus sampai kemudian dia menjadi aktivis," kata Eep, pendiri lembaga survei, PollMark Indonesia itu.

Eep berpendapat, banyak hal yang sudah terbangun dari Anies ketika masih mahasiswa dan bahkan sejak SMP dan SMA.

 

Prinsip yang disampaikannya, tanggung jawab bagi perbaikan masa depan Indonesia tidak terletak pada sekelompok kecil orang yang menyebut sebagai pemimpin, tetapi tersebar pada setiap warga negara yang terpanggil. (Anw).

 

659

Related Post