Pengunjung Mulai Datangi Balekambang Pasca Pelonggaran PPKM

Solo, FNN - Ratusan pengunjung mulai mendatangi Taman Balekambang Solo pascapelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menjadi level 3.

Kepala UPT Kawasan Wisata Balekambang Dinas Pariwisata Kota Surakarta Sumeh di Solo, Senin mengatakan sejak pembukaan pertama pada tanggal 1 September 2021, hingga saat ini jumlah pengunjung terus mengalami kenaikan.

Pihaknya mencatat pada hari pertama pembukaan jumlah pengunjung sebanyak 35 orang dan hari kedua 40 orang. Sedangkan hari Sabtu dan Minggu terjadi lonjakan yang lebih tinggi, yakni 136 pengunjung di hari Sabtu dan 602 orang di hari Minggu.

Untuk memastikan tidak terjadi penularan COVID-19 di kawasan tersebut, pihaknya berupaya menerapkan protokol kesehatan berjalan dengan baik, di antaranya pengunjung wajib mengenakan masker, wajib cek suhu tubuh sebelum masuk lokasi objek wisata, dan wajib vaksin bagi pengunjung dewasa.

"Sementara ini untuk pengunjung di bawah 12 tahun tidak wajib vaksin karena vaksin untuk anak kan belum tersedia," katanya.

Meski demikian, untuk anak di bawah lima tahun, orang tua, dan ibu hamil tidak diperbolehkan untuk masuk ke objek wisata alam tersebut.

Sedangkan untuk pengunjung usia dewasa, dikatakannya, wajib mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi.

"Namun untuk 'barcode' kami belum dapat, baru mengajukan ke Kementerian Kesehatan," katanya.

Sementara itu, untuk penyelenggaraan event seni dan budaya baik itu ketoprak maupun Sendratari Ramayana sejauh ini masih dipertontonkan secara daring atau "live streaming".

"Yang seni budaya ketoprak pada malam minggu kemarin kami sudah tampil secara 'live streaming', penontonnya cukup banyak, sampai 500 orang. Kalau untuk Sendratari Ramayana akan mulai dilakukan kembali pada tanggal 10 September nanti," katanya. (mth)

173

Related Post