Ternyata Ada Kakak Asuh yang Lebih Berkuasa di Belakang Ferdy Sambo

Jakarta, FNN – Isu kekuasaan Irjen Ferdy Sambo dalam grafik ‘Kaisar Sambo dan Konsorsium 303’ belakangan ini masih menjadi perbincangan hangat dan semakin memperlihatkan kuatnya kekuasaan mantan Kadiv Propam Polri ini.

Terkait hal ini, wartawan senior FNN Hersubeno Arief memberikan tanggapan dalam kanal YouTube Hersubeno Point, Minggu (21/8/22).

“Kita bisa membayangkan betapa besarnya kekuasaan Ferdy Sambo, sekaligus menunjukkan luasnya pengaruh dia,” kata Hersubeno.

Hal itu juga diakui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD yang menyebut bahwa Ferdy Sambo sangat berkuasa di Mabes.

“Bintang dua rasa Bintang lima,” kata Mahfud MD.

Sejauh ini publik menilai bahwa kuatnya kekuasaan Ferdy Sambo di Polri karena dukungan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Karena alasan kedekatan dengan Listyo Sigit Prabowo pula yang diduga mempengaruhi pengungkapan kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat.

Hersubeno menilai, dengan penetapan Ferdy Sambo dan istrinya Putri Candrawathi sebagai tersangka pembunuhan berencana Brigadir Yoshua, Kapolri sudah tidak punya hubungan hierarki dengan Ferdy Sambo.

Lebih lanjut, Hersubeno menyebut berdasarkan pernyataan penasihat Kapolri bidang Politik dan Keamanan, Prof. Muradi, bahwa Ferdy Sambo mempunyai geng di dalam tubuh Polri yang cukup berpengaruh. Geng Ferdy Sambo ini pula yang sempat mengusik pengusutan kasus pembunuhan Brigadir Yoshua.

“Di atas Ferdy Sambo masih ada yang lebih berkuasa, yang disebut dengan kakak asuh,” ujarnya.

Namun sayangnya Prof Muradi tidak menjelaskan sosok kakak asuh Ferdy Sambo secara detail, namun yang jelas sosok tersebutlah yang memimpin dan mengorganisir faksi ini.

Prof Muradi menyebut sosok kakak asuh ini juga berperan penting dalam karir Ferdy Sambo yang mendadak melejit dan sukses menjadi bintang dua termuda di Polri. 

Pada 2019 Ferdy sambo mendapat pangkat bintang satu, hanya selang setahun dia sukses merengkuh bintang dua dengan pangkat Irjen. 

Sehingga Hersubeno menilai apabila Timsus bisa membuktikan keterlibatan kakak asuh maka penyelidikan terhadap Ferdy Sambo akan semakin mudah. Pasalnya hingga kini masih terasa tarik-menarik dalam penyelidikan kasus Ferdy Sambo. (Lia)

530

Related Post