BPJAMSOSTEK Banjarmasin Kunjungi Desa-desa Nelayan

BPJAMSOSTEK Banjarmasin melakukan sosialisasi program Jamsostek di desa nelayan di Kabupaten Tanah Laut.

Banjarmasin, FNN - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengunjungi desa-desa nelayan dalam rangka sosialisasi pentingnya jaminan sosial dari risiko yang berdampak pada ekonomi keluarga.

 

"Kami melakukan sosialisasi tentang program Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) kepada saudara-saudara kita para nelayan," ujar Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Banjarmasin, Tito Hartono di Banjarmasin, Kamis.

Beberapa desa nelayan yang jadi tujuan pihaknya dari Senin hingga Rabu kemarin, yakni, Desa Takisung dan Desa Penjaratan di Kabupaten Tanah Laut.

 

Tito menyampaikan setiap kegiatan sosialisasi itu dihadiri para nelayan, perwakilan pemerintah desa dan koordinator masyarakat nelayan.

 

"Resiko dalam bekerja bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, tidak terkecuali, termasuk atas nelayan yang juga merupakan masyarakat pekerja," ucap Tito

Nelayan juga harus mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan agar memberikan rasa aman dalam bekerja bagi diri sendiri dan keluarga.

 

"Minimal ikut dua program, yaitu, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dengan iuran bulanan sebesar Rp16.800," ungkapnya.

 

"Bisa juga ditambahkan dengan program Jaminan Hari Tua (JHT) dengan besaram iuran menyesuaikan," ucap Tito.

 

Dia pun menjelaskan, manfaat yang diperoleh para nelayan yaitu perlindungan saat bekerja, jika risiko terjadi, para nelayan yang terdaftar dan dilindungi program BPJAMSOSTEK ditanggung sampai sembuh tanpa batas (unlimited) jika terjadi kecelakaan kerja.

 

"Sedangkan jika musibah menimpa yang menyebabkan kematian saat bekerja, ahli waris nelayan (anak) mendapat beasiswa untuk 2 anak hingga jenjang kuliah S1," tuturnya. (mth)

 

270

Related Post