Perusahaan Perkebunan Sawit Tanam Pohon di Pesisir Sungai Kapuas

Kapuas Hulu, FNN - Perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Persada Graha Mandiri (PGM) milik Sinarmas melakukan penanaman pohon di Sempadan pesisir sungai Kapuas Desa Perigi Kecamatan Silat Hilir wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

"Kami menyiapkan 1.000 bibit pohon yang akan di tanam disepanjang sungai Kapuas di sekitar daerah operasional perusahaan," kata perwakilan PT PGM Region Semitau Wahyusyah Utama Sihombing, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Wahyusyah, jenis pohon yang ditanam yaitu kayu jenis tembesuk, kayu kawi, kayu sungkai, cempedak dan durian.

Menurut dia, untuk penanaman pohon tersebut telah mendapatkan izin dari pemilik lahan yaitu lahan Akian yang merupakan bekas tambang pasir dan emas.

"Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak, baik dari kecamatan, desa dan warga serta semua pihak yang mendukung penanaman pohon," ucap Wahyusyah.

Sementara itu, Kepala Desa Kepala Desa Perigi Alil menyampaikan menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dengan melakukan penanaman kembali di area-area yang telah gundul dikarenakan aktivitas penambangan baik penambangan pasir mau pun penambangan emas yang dilakukan oleh masyarakat.

"Kesadaran dan rasa memiliki harus dapat ditumbuhkan di dalam hati setiap kita masyarakat yang ada di sepanjang Sungai Kapuas," ajaknya.

Ia jug menyarankan agar didalam pemilihan jenis pohon yang ditanam dapat menggunakan tanaman pohon yang sesuai dengan daerah di sepanjang sungai Kapuas.

Camat Silat Hilir diwakili staf kecanatan Wan Mad Jais mengharapkan penanaman pohon itu agar terus berlanjut dan tidak berhenti dengan seremonial saja.

"Masyarakat perlu dilibatkan dengan harapan dapat menumbuhkan rasa memiliki rasa peduli dengan lingkungan di sekitar," pesan Wan Mad Jais.

Kegiatan penanaman pohon tersebut Perwakilan Relawan Tzu Chi Xieli Semitau, siswa dan siswi SD Eka Tjipta Faundation KHLE dan Karyawan PT PGM. (mth)

314

Related Post